ANALISIS KEPUASAN DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UIN SUSKA RIAU TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE/DARING DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Dimasa pandemi Covid-19 Kemendikbud menetapkan kegiatan belajar mengajar dengan sistem belajar online/daring maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan belajar dan minat belajar mahasiswa terhadap sistem pembelajaran online/daring.
Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis SEM-SmartPLS. Penelitian dilakukan terhadap 112 orang mahasiswa manajemen Fakultas Ekonomi UIN Suska Riau dengan prosedur pengambilan sampel secara purposive sampling.
Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh positif kepuasan belajar terhadap sistem pembelajaran online/daring dan adanya pengaruh minat belajar terhadap sistem pembelajaran online/daring. Kepuasan belajar dan minat belajar dapat menjelaskan sistem pembelajaran online/daring sebesar 69,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Novelty penelitian ini adalah lebih tepat dalam mengukur kepuasan belajar dan minat belajar terhadap sistem pembelajaran online/daring dianalisa dengan menggunakan SEM-PLS (Struktural Equation Model-Partial Least Square).
Implikasi teoritisnya adalah kepuasan belajar dan minat belajar seharusnya digunakan sebagai dasar teori dan ukuran dalam sistem pembelajaran online/daring. Implikasi manajerialnya adalah memprioritaskan terhadap kualitas pelayanan, kepastian, empati dan kehandalan serta mempersiapkan metode pembelajaran yang menyenangkan, menghibur, aplikasi tekhnologi yang kreatif dan menarik serta membuat rencana pembelajaran yang melibatkan mahasiswa.