PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN MADRASAH DI KOTA PEKANBARU

Fenny Trisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap pengelolaan keuangan madrasah di kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner dan observasi. Jumlah madrasah yang ada di kota Pekanbaru adalah 67, penelitian ini dilakukan terhadap tingkatan madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah yang berada di kota Pekanbaru baik madrasah negeri maupun madrasah swasta dengan jumlah sampel sebanyak 37 madrasah. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pimpinan madrasah, atau yang mewakili dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengujian hipotesis secara statistik pada penelitian ini dengan menggunakan regresi berganda. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas dan transparansi mempengaruhi pengelolaan keuangan madrasah, besarnya pengaruh adalah sebesar 53,5%.

Kata Kunci: akuntabilitas, transparansi, madrasah, pengelolaan keuangan.

References


Eli Solihat dan Toto Sugiharto. 2009. Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Pendidikan terhadap Partisipasi Orang Tua Murid di SMA Negeri 107 Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis No. 2 Vol. 14 Agusutus 2009. Download Portal Garuda.

Hendriksen, Eldon S. dan Breda, Michael F. Van. 2013. Teori Akunting. Buku Satu. Interaksara. Batam.

Indra Bastian. 2007. Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. 2006. Penerbit Erlangga: Jakarta.

Indra Bastian. 2007. Akuntansi Pendidikan. Penerbit Erlangga: Jakarta

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Monks, Robert A. G. dan Minow, Nell. 2008. Corporate Governance. Fourth Edition. John Wiley & Sons, Ltd, 2008, West Sussex, England.

Ristya Dwi Anggraini. 2013. Transparansi, Partisipasi dan Akuntabilitas Pengelolaan Anggaran Dana BOS dalam Program RKAS di SDN Pancarkeling VIII Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik Vol. 1 No. 2 Mei – Agustus 2013. Universitas Airlangga. Surabaya.

Syakhroza, Ahmad. 2002. Best Practice Good Corporate Governance dalam Konteks Kondisi Lokal Perbankan Indonesia. Manajemen Usahawan Indonesia No. 06/Tahun XXXII, Juni.

Zamroni. (2008). School Based Management. Yogyakarta: Pascarsarjana Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v14i01.5436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.