ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT MUSLIM MENJELANG IDUL FITRI DI KOTA PEKANBARU

Ainun Mardiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat muslim pada saat menjelang Idul Fitri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat muslim pada saat menjelang Idul Fitri?. Populasi adalah masyarakat muslim di Kota Pekanbaru. Jumlah sampel adalah sebanyak 100 orang responden. Variable penelitian adalah faktor intenal (X1), faktor eksternal (X2) dan perilaku konsumtif (Y). Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh secara sigifikan terhadap perilaku konsumtif masyarakat muslim di Kota Pekanbaru. Faktor dominan yang secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumtif masyarakat muslim di Kota Pekanbaru adalah faktor internal.

Keywords


Perilaku Konsumtif, Faktor Internal, Faktor Eksternal

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.

Assael, Henry. 1992. Consumer Behavior and Marketing Action. 4th ed. Kent Publishing. Boston.

Bungin, Burhan, 2006. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press.

Gunita Aryani, 2006. Hubungan Antara Konformitas Dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja di SMA Negeri I Semarang Tahun Ajaran 2005/2006. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Kasali, Rhenald, 2010. Cracking Zone. Jakarta: PT Gramedia.

Kerlinger, N.F. 2006. Asas-Asas Penelitian Behavioral Edisi Tiga. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Koentjaraningrat, 2007, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta.

Kotler.P, 2009. Manajemen Pemasaran. PT. Prenhallindo, Jakarta.

Kuncoro, Mudjarad, 2007, Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. IPD STIM YKPN, Yogjakarta

Moleong, Lexy.J, 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Narbuko, Chalil, Abu Achmadi, 2007, Metodologi Penelitian, Penerbit Bumi Askara, Jakarta.

Perwitasari. 2013. Hubungan Antara Harga Diri dan Kebutuhan Afiliasi Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Jurnal UNESA Vol 2. No 01

Ramadhan, AS. 2012. Hubungan Gaya Hidup Konsumtif Dengan Harga Diri

Mahasiswa Fakultas Psikologi X. Universitas Indonesia.

Sarwono, J. 2009. Statistik Itu Mudah. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santoso, S. 2008. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, Leon, & Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour 7th Edition (Perilaku Konsumen). Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta

Suharso, Puguh, 2010. Model Analisis Kuantitatif. Indeks, Jakarta.

Thohiroh, Anisa Qodaril, 2015. Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashionpada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Umar, Husein, 2007, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama ekerjasama dengan Jakarta Business Research Center (JBRC).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i2.4391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.