REKSADANA SYARIAH VS REKSADANA KONVENSIONAL: ANALISIS PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TAHUN 2010 – 2016

Putriana Putriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perkembangan reksadana syariah dengan reksadana konvensional. Perbandingan perkembangan kedua reksadana ini dilihat dari perbandingan jumlah reksadana setiap tahunnya dan perbandingan Nilai Asset Bersih. Dari perbandingan perkembangan reksadana diperoleh hasil penelitian bahwa perkembangan jumlah reksadana syariah setiap tahun sangat stabil tetapi masih jauh tertinggal dari jumlah reksadana konvensional. Dilihat dari perbandingan NAB yang diperoleh, perbandingan NAB reksadana syariah juga masih jauh lebih kecil dari pada NAB reksadana konvensional.


Keywords


Reksadana Syariah, Reksadana Konvensional, Nilai Asset Bersih

Full Text:

PDF

References


Aini Nur, Kandarisa, Perkembangan dan Hambatan Reksada Syariah di Indonesia : Suatu Kajian Teori, Skripsi, Universitas Negeri Surabaya.

Ghofur, Anshori A. 2008. Aspek Hukum Reksa Dana Syariah di Indonesia.

Hamzah dan Yohanes, Analisis Perbandingan Kinerja Reksadana Syariah dengan Reksadana Konvensional Jenis Saham Pada Periode 2010-2012, Jurnal MIX, Volume IV, No. 3, Okt 2014

Majelis Ulama Indonesia, Reksadana Syariah, Lokarya, tanggal 29-30 Juli 1997, Jakarta.

Majelis Ulama Indonesia. 2000. Fatwa DSN-MUI No.20/DSN-MUI/IX/2000 tentang Pasar Modal.

Mustaqim. (2008) Analisis Kinerja Reksa Dana Syariah dengan Metode Sharpe dan Treynor. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Putra, Jepryansyah dan Syarief, Analisis Perbandingan Kinerja Reksadana Konvensional dengan Reksadana Syariah Di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.2 No.5.

Ratnawati, Vince dan Ningrum, Perbandingan Kinerja Reksadana Syariah dan Reksadana Konvensional, Jurnal Akuntansi, Vol. 1, No. 1, Oktober 2012 : 96-113

Riza, M, Hafizi, Analisis Perbandingan Kinerja Reksadana Syariah dan Konvensional Menggunakan Metode Ratio Informasi, Ratio Resiko, Ratio Sortino dan Ratio dan Roy Satio First Ratio (Periode 2009-2011), Skripsi, Universitas Islam Negeri, Maulana Ibrahim Malang.

Soemanta, Andri, 2015, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Perdana Media, Yogyakarta

Sutedi Adrian. 2011. Pasar Modal Syariah Sarana Investasi Keuangan; Berdasarkan Prinsip-prinsip Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.

Susyanti, Jeni, 2016,Pengelolaan Lembaga keuangan Syariah, Malang, Empat Dua Muhammad-iwad.blogspot Angkatanpertama1.blogspot.com.Rasmankhan.blokspot.co




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i2.4390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.