ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN (DIVIDEND PAYOUT RATIO DAN DIVIDEND YIELD) TERHADAP VOLATILITAS HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Kelompok LQ45 yang terdaftar di BEI)

Andri Novius

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kebijakan dividen (dividend payout ratio dan dividend yield) terhadap volatilitas harga saham pada perusahaan kelompok LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2011-2014.

Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan kelompok LQ45 yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia dengan populasi 45 perusahaan. Metode pemilihan sampel adalah purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebanyak 10 perusahaan kelompok LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian t, uji f, dan determinasi (R2).

Hasil analisis data atau regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan dividend payout ratio dan devidend yield berpengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh volatilitas harga saham sebesar 20,7% sedangkan sisanya sebesar 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Secara parsial dividend payout ratio tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham. Sedangkan dividend yield memiliki pengaruh signifikan terhadap volatilitas harga saham.

Keywords


Volatilitas Harga Saham, Dividend Payout Ratio, dan Dividend Yield

Full Text:

PDF

References


Al- Quran Surat Al-Muzammil ayat: 20

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Cetakan VII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hendriksen, Eldon S. dan Michael F. van Breda. 1992. Accounting Theory (Homewood), 5th Edition. Illinois: Irwin Publishers.

Husnan,Suad. 2001. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Jensen, M. C. dan C. W. Smith. 1984. The Modern Theory of Corporate Finance. McGraw Hill.

Jones, Charles P. 2000. Investment: Analysis and Management, 7th Edition. New York: John Willey and Sons Inc.

Kaweny, Siwi Puspa. 2007. “ Studi Keterkaitan Antara Dividend Payout Ratio, Financial Leverage dan Investasi dalam Pengujian Hipotesis Pecking Order ( Studi Kasus: Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar dan Listed di Bursa Efek Jakarta Periode 2004-2005)”. Program Pasca Sarjana. Universitas Diponegoro. Semarang.

Prasetiono. 2000. Pengaruh Pengumuman Dividen Terhadap Abnormal Return Saham Di Bursa Efek Jakarta. Media Ekonomi dan Bisnis, Vol. XII, No. 1, Juni.

Ross, S. A. 1977. The Determinant of Financial Structure : The Incentive Signalling Approach. Bell Journal of Economics, Vol. 8, No. 1, 23-40.

Sekaran, Uma. 2007.”Research Methods For Businness”. Salemba Empat. Jakarta.

Sundjaja Ridwan S. dan Inge Barlian. 2003. Manajemen Keuangan 1, Edisi kelima. Jakarta: Literata Lintas Media.

Tandelilin, Eduardus. 2001. Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE UGM.

www.idx.co.id

www.sahamok.com

www.yahoofinance.com




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i1.4389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.