ANALISIS PERILAKU WORD OF MOUTH WISATAWAN TAMAN REKREASI KOTA PEKANBARU: TINJAUAN DARI ASPEK SERVICE QUALITY DAN COSTUMER SATISFACTION

Qomariah Lahamid

Abstract


Penelitian ini membahas hubungan antara kualitas pelayanan, kepuasandan
word of mouth  (WOM) wisatawan  tamanrekreasi  kota  Pekanbaru. Adapun tujuan
penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui service quality dan costumer satisfaction
wisatawan taman rekreasi  kota  Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui  pengaruh yang
signifikan antara service quality  dengan perilaku  WOM  wisatawan  tamanrekreasi
kota Pekanbaru. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara  costumer
satisfaction  dengan perilaku  WOM  wisatawan  tamanrekreasi  kota Pekanbaru. 4)
Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara service quality  dengan
costumer satisfaction wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 248  responden  yang diambil dengan
teknik  purposive samplingdengan  kriteria telah pernah mengunjungi minimal  dua
taman rekreasi yang ada di  kota Pekanbaru.  Penelitian ini menggunakan
analisisStructural Equation Modelling  (SEM) dengan aplikasi  software Analysis
Moment of Structure (AMOS) dan Special Package for Statistis Science (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)  Service
qualityberpengaruhsignifikan terhadapperilaku  WOM  wisatawan taman  rekreasi
kota Pekanbaru. 2) Costumer satisfactionberpengaruh signifikan terhadap perilaku
WOM  wisatawan taman rekreasi  kota Pekanbaru.  3)  Service qualityberpengaruh
signifikan terhadapcostumer satisfaction  wisatawan taman rekreasi  kota
Pekanbaru.

Keywords


Service Quality, Costumer Satisfaction dan Word Of Mouth (WOM)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v10i1.3112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.