ANALISIS PERILAKU WORD OF MOUTH WISATAWAN TAMAN REKREASI KOTA PEKANBARU: TINJAUAN DARI ASPEK SERVICE QUALITY DAN COSTUMER SATISFACTION
Abstract
Penelitian ini membahas hubungan antara kualitas pelayanan, kepuasandan
word of mouth (WOM) wisatawan tamanrekreasi kota Pekanbaru. Adapun tujuan
penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui service quality dan costumer satisfaction
wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan antara service quality dengan perilaku WOM wisatawan tamanrekreasi
kota Pekanbaru. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara costumer
satisfaction dengan perilaku WOM wisatawan tamanrekreasi kota Pekanbaru. 4)
Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara service quality dengan
costumer satisfaction wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 248 responden yang diambil dengan
teknik purposive samplingdengan kriteria telah pernah mengunjungi minimal dua
taman rekreasi yang ada di kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan
analisisStructural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi software Analysis
Moment of Structure (AMOS) dan Special Package for Statistis Science (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Service
qualityberpengaruhsignifikan terhadapperilaku WOM wisatawan taman rekreasi
kota Pekanbaru. 2) Costumer satisfactionberpengaruh signifikan terhadap perilaku
WOM wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru. 3) Service qualityberpengaruh
signifikan terhadapcostumer satisfaction wisatawan taman rekreasi kota
Pekanbaru.
word of mouth (WOM) wisatawan tamanrekreasi kota Pekanbaru. Adapun tujuan
penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui service quality dan costumer satisfaction
wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan antara service quality dengan perilaku WOM wisatawan tamanrekreasi
kota Pekanbaru. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara costumer
satisfaction dengan perilaku WOM wisatawan tamanrekreasi kota Pekanbaru. 4)
Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara service quality dengan
costumer satisfaction wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 248 responden yang diambil dengan
teknik purposive samplingdengan kriteria telah pernah mengunjungi minimal dua
taman rekreasi yang ada di kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan
analisisStructural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi software Analysis
Moment of Structure (AMOS) dan Special Package for Statistis Science (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Service
qualityberpengaruhsignifikan terhadapperilaku WOM wisatawan taman rekreasi
kota Pekanbaru. 2) Costumer satisfactionberpengaruh signifikan terhadap perilaku
WOM wisatawan taman rekreasi kota Pekanbaru. 3) Service qualityberpengaruh
signifikan terhadapcostumer satisfaction wisatawan taman rekreasi kota
Pekanbaru.
Keywords
Service Quality, Costumer Satisfaction dan Word Of Mouth (WOM)
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v10i1.3112
Refbacks
- There are currently no refbacks.