ANALYSIS OF EFFORTS TO INCREASE MSME MARKET POTENTIAL THROUGH HALAL CERTIFICATION IN PEKANBARU CITY: THEORETICAL INSTITUTION APPROACH

Supriani Sidabalok, M.Rizwan M.Rizwan, Putri Asrina, Mida Aprilina Tarigan, Nurlasera Nurlasera

Abstract


Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai peran yang sangat penting dalam peningkatan kemakmuran masyarakat serta ketahanan perekonomian nasional. Hal ini disebabkan karena usaha mikro memiliki karakteristik yang ideal untuk dikembangkan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Salah satu cara meningkatkan kualitas UMKM agar dapat masuk ke segmen pasar yang lebih luas adalah dengan kepemilikan sertifikasi halal mengingat segmen pasar halal dunia terus mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi keputusan pelaku UMKM di Kota Pekanbaru untuk memiliki sertifikat halal.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal yang mempengaruhi kepemilikan sertifikasi halal adalah regulasi pemerintah (X1) dan permintaan konsumen (X2) dengan nilai Sig. masing-masing adalah 0,027 dan 0,025 sedangkan tindakan kompetitor (X3) tidak berpengaruh. Adapun pengetahuan (X4) menjadi satu-satunya faktor internal yang mempengaruhi kepemilikan sertifikasi halal dengan nilai Sig. 0,000, sedangkan tingkat pendidikan (X5) dan omzet (X6) tidak berpengaruh. Adapun nilai odds ratio untuk masing-masing variabel yang berpengaruh adalah 8,909 kali untuk X1, 0,070 untuk X2, dan 27,232 untuk X4. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa variabel pengetahuan menjadi faktor paling kuat dalam mempengaruhi keputusan pelaku UMKM untuk memiliki sertifikasi halal di Kota Pekanbaru.

Keywords


UMKM, faktor ekternal, faktor internal, sertifikasi halal, logistik biner



DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v19i2.25227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.