THE IMPACT OF MOBILE BANKING AND RELATIONSHIP MARKETING ON CUSTOMER LOYALTY
Abstract
ABSTRAK
Kualitas mobile banking di dunia perbankan sangat diutamakan dan diperhatikan dalam pelayanan nasabah sekarang, dan juga adanya relationship marketing yang baik diharapkan menjadikan nasabah perbankan syariah menjadi loyal. Melihat zaman sekarang yang serba digital maka diharapkan dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas mobile banking dan relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pembagian kuisioner, sehingga diperoleh data primer yang diolah. hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas mobile banking berpengaruh signifikan terhadap kualitas mobile banking, dan relationship marketing juga berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Namun Lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Kata Kunci: Lokasi, Loyalitas Nasabah, Mobile Banking, Relationship Marketing.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, N. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap loyalitas nasabah untuk menabung di btn syariah kantor cabang malang.
Ardianto, H. (2022). Relationship Marketing dan Brand Equity Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Bank Syariah di Kota Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 19(1), 1. https://doi.org/10.30651/blc.v19i1.9616
Arsi, A. (2021). Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss. Validitas Realibilitas Instrumen Dengan Menggunakan Spss, 1–8. https://osf.io/m3qxs
Asy-syukriyyah, S., Alim, M. N., & Asy-syukriyyah, S. (2022). I-best: islamic banking & economic law studies. 1, 48–65.
Azizah. (2021). Model terbaik uji multikolinearitas untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Kabupaten Blora tahun 2020. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 61–69. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2021&q=uji+autokorelasi+adalah&hl=id&as_sdt=0,5
Belang, B. A. W. I. A. dan K. A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. 103–117.
Caesar Pradata, K., & Puryandani, S. (2022). Pengaruh Relationship Marketing dan Service Performance terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Jateng Cabang Purbalingga). Jurnal Magisma, X(1), 91–106.
Caroline, C. C. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan M-Banking Berdasarkan Teori Tam. Keunis, 9(2), 160. https://doi.org/10.32497/keunis.v9i2.2819
Dedy Ansari Harahap, D. A. (2019). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 26, 27–40.
Dua Mea, M. H. C., & Laga, Y. (2021). Pengaruh Relationship Marketing, Suasana Kafe, Dan Kepuasan Pengunjung Terhadap Loyalitas Pelanggan Mokka Coffee Ende. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 5(2), 131–139. https://doi.org/10.33005/mebis.v5i2.83
Fadhilah, N. (2020). Pengaruh Layanan Atm Dan Mobile Banking ( Analisis Ekonomi Islam). Banco, 2(11), 28–45.
Fageh, A., Fatmariyah, F., & AS, F. (2022). Relationship Marketing Dalam Perspektif Islam. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 9(1), 63–77. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v9i1.5589
Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.
Fatmariyah, F., Ritonga, I., Latifah, L., & AS, F. (2021). Praktek Relationship Marketing dalam Menciptakan Loyalitas pada Perbankan Syariah Indonesia :Systematic Literature Review. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 14–26. https://doi.org/10.21107/jsmb.v8i2.12912
Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 9. http://j-ptiik.ub.ac.id
Hermanto, H., Apriansyah, R., Fikri, K., & Albetris, A. (2019). Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fotocopy Anugrah Rengat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 171. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.78
Jiwa, I. D. N. A. (2018). Relationship Marketing, Power Dan Loyalitas Pada Hubungan Bisnis Antara Pemasok Dengan Peritel. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 146–159. https://doi.org/10.52160/ejmm.v2i3.84
Karakteristik, P., Marketing, S., Marketing, R., Loyalitas, T., Dengan, N., Nasabah, K., Intervening, V., Setiaji, F., Ekonomi, F., & Bisnis, D. A. N. (2019). Diajukan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga untuk memenuhi salah satu syarat Guna Memperoleh Sarjana Ekonomi Program Studi S1 Perbankan Syariah.
Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59
Novitasari, C. A., Manggabarani, A. S., & Astuti, M. (2021). Analisis Kepuasan Nasabah Mobile Banking Pada Bank BCA. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 19(2), 1–12. https://doi.org/10.52330/jtm.v19i2.26
Nurrachmi, I., & Setiawan, S. (2020). Loyalitas Nasabah Bank Syariah: Peran Religiusitas Dan Kepercayaan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 6(2), 176–187. https://doi.org/10.24952/tijaroh.v6i2.2357
Oktavia, E. (2017). Pengaruh Partisipasi Anggaran Dan Job Relevant Information (Jri) Terhadap Informasi Asimetris. Jurnal Riset Akuntansi, 6(2), 23–26. https://doi.org/10.34010/jra.v6i2.517
Pahlevi, M. R. (2020). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BNI Taplus Cabang Jember. Repository.Unej.Ac.Id. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101850%0Ahttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/101850/MOCHAMAD REZA PAHLEVI-150810201186.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Patrik, J. (2022). Faktor yang mempengaruhi untuk menggunakan mobile banking dari Internet Banking terhadap penggunaan konsumen perbankan di Indonesia. Journal of Management & Business, 5(1), 284–299. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1575
Puskesmas, S. U. (2022). Laporan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat. 1–20.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. 3, 7–11.
Ramadhan, G., Ht, A. S., & K, R. H. (2019). Analisis Pengaruh Biaya Terhadap Loyalitas Pengguna Mobile Banking Jenius Menggunakan Model Neural Networks. 2(September), 61–70.
Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, G. de N. J., Palmeira, G., Riet-Correa, F., Moojen, V., Roehe, P. M., Weiblen, R., Batista, J. S., Bezerra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Neto, A. M. R., Petri, A. A., Teixeira, M. M. G., Molossi, F. A., de Cecco, B. S., Henker, L. C., Vargas, T. P., Lorenzett, M. P., Bianchi, M. V., … Alfieri, A. A. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Pesquisa Veterinaria Brasileira, 26(2), 173–180. http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Sari, E. G., Syofyan, A., & Faisal, Y. (2021). Mobile Banking Bank Islam Apakah Konsumen Puas. Al-Masraf: Jurnal Lembaga …. https://ejournal.uinib.ac.id/febi/index.php/almasraf/article/view/376%0Ahttps://ejournal.uinib.ac.id/febi/index.php/almasraf/article/download/376/296
Sari, M. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu A. Yani Banjarmasin. March. https://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10290
Sari, Y. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Relationship Marketing Dan Corporate Social Resposibility Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Nasabah Bank. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 17(2), 1. https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17184
Sarimuda. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bca Jambi Dengan Kebahagiaan Nasabah Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(01), 132–146.
Satri, L., & Alfian. (2018). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Sikoci Pada Bank Nagari Cabang Simpang Empat. 1–11.
Savila, I. D., Wathoni, R. N., & Santoso, A. S. (2019). The role of multichannel integration, trust and offline-to-online customer loyalty towards repurchase intention: An empirical study in online-to-offline (O2O) e-commerce. Procedia Computer Science, 161, 859–866. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.193
Sesunan, Y. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada the Luxton Hotel Bandung. Jkubs, 1(1), 48–57. http://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jkubs/article/view/98%0Ahttps://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/jkubs/article/download/98/51
Siregar, K. E., Mandey, S. L., Soepeno, D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2020). TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT . PEGADAIAN UPC . UNSRAT MANADO ANALYSIS OF THE EFFECT OF RELATIONSHIP MARKETING AND SERVICE QUALITY ON CUSTOMER LOYALTY ( STUDY at PT . PEGADAIAN UPC . UNSRAT MANADO ) Jurnal EMBA Vol . 8 No . 4 Oktober 2020 , Hal . 989-9. 8(4), 989–999.
Suhartanto, D., Farhani, N. H., Muflih, M., & Setiawan. (2018). Loyalty intention towards Islamic Bank: The role of religiosity, image, and trust. International Journal of Economics and Management, 12(1), 137–151.
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Tomang). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.181-192
Vahlevi, R., & Indra Vitaharsa, L. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Di Bank Bni Kcu Daan Mogot. Jurnal Sosial Sains, 2(9), 1060–1069. https://doi.org/10.36418/jurnalsosains.v2i9.480
Wulandari, S. D. W. I. (2019). Pengaruh Layanan E-Banking , Relationship Marketing , Dan Kualitas Pelayanan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Bri Syariah Kcp Magelang ).
Zahara, A. (2021). Analisis Produk Dan Produktifitas Cabai. Sosio Agribisnis, 22(1), 18–29.
Zaricha, F. (2018). Pengaruh pengetahuan pemasaran, orientasi pasar, dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil menengah UMKM di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. 14–40.
Zephaniah, C. O., Ogba, I. E., & Izogo, E. E. (2020). Examining the effect of customers’ perception of bank marketing communication on customer loyalty. Scientific African, 8, e00383. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2020.e00383
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v19i2.24612
Refbacks
- There are currently no refbacks.