PENGARUH PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DENGAN TINGKAT RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Sri Handayani Kiyem

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk tabungan mudharabah dengan tingkat religiusitas sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 rPesponden serta menggunakan Teknik collateral sampling. Kemudian hasil yang diperoleh diolah dengan SPSS versi 26. Analisis yang digunakan meliputi uji instrument, uji statistik, uji asumsi klasik, uji Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkanhasil uji t menunjukan hasil: produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan mudharabah. Sedangkan Promosi, kualitas pelayanan dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan mudharabah. Selain itu, pada uji MRA menunjukan bahwa Religiusitas mampu memoderasi pengaruh produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan mudharabah.

Kata kunci : Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan, Religiusitas


Keywords


Produk; Promosi; Kualitas pelayanan; Keputusan; Religiusitas

References


Ahmad. (2020). Religiusitas, Refleksi dan Subjektivitas Keagamaan. CV BUDI UTAMA.

Ana Miftahul, J. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Bank Syariah. Jurnal Skripsi, April 2019.

Annisa, W. (2018). Pengaruh Budaya, Psikologis, Pelayanan, Promosi dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol 1 No 1.

Anton Bawono. (2006). Multivariative Analysis dengan SPSS. STAIN Salatiga Press.

Arfan. (2015). Pengaruh prinsip bagi hasil, tingkat pendapatan, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung nasabah pada bank syariah di banda aceh. Magister Akuntansi, 4, 8.

Azis, M. A. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah. Skripsi, 141. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23799

Diana &Tri. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Kembali ( Studi pada PT. BPD Jawa Tengah Kantor Cabang Pembantu Syariah UNISSULA ). Jurnal Sains Ekonomi Dan Perbankan Syariah, Vol 8.

Farida, B. S., & Mahfud, Y. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DENGAN RELIGIOUS BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL MODERATOR ( STUDI KASUS PADA PRODUK TABUNGAN BANK MUAMALAT. Journal Of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(2).

Fauziah. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. IAIN Salatiga.

Firmansyah, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, Vol 2 No3, 16–22.

Gautama Siregar, B. (2018). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan menjadi nasabah tabungan pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Jurnal IAIN Padangsidimpuan. Ac.Id, Vol 4.

Ghozali. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS Edisi keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS Edisi ke tujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Glock, C & Stark, R. (1966). Religion And Society In Tension. Chichago: University Of California.

Hadi, S. N. (2019). Peran Mediasi Sikap pada Pengaruh Edukasi dan Religiusitas terhadap Keputusan Menabung Nasabah. Jurnal Ekonomi Islam, Vol 19.

Handayani, A., Azman, H.A., & Ismail. (2019). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah dengan Faktor Religiusitas sebagai Moderating Variabel. Jurnal of Economic Studies, Vol 3.

Harahap, & Anggraini, &. (2018). Pengaruh Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Sumsel Cabang Prabumulih Unit Layanan Syariah). Jurnal I-Finance, Vol 4.

Iman Cahya, Rananda. (2018). Pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap minat masyarakat bertransaksi di bank syariah (studi pada masyarakat kelurahan way urang kec.kalinanda Lam-Sel). Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam:Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung).

Kaluku, F., Silvya L Mandey, & Djurwani Soepono. (2018). Analisis Bauran Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA, Vol 6.

Kotler&Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga.

Kotler&Armstrong. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler&Keller. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi ke D). PT.Inddeks.

Loina. (2001). Hubungan masyarakat membina hubungan baik dengan publik. pustaka media.

M Zuhirsyan & Nurlinda. (n.d.). Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih bank syariah. Al-Amwal, Vol 10.

Mahyarni. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior ( Sebuah kajian Historis tentang perilaku). Jurnal El-Riyasah.

Malau. (2017). Harman. Manajemen pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Moderenisasi Global (Edisi Pert). Alfabeta.

MALIK, J. A. (2018). PENGARUH PRODUK, PROMOSI DAN SERVICE EXELLENCE TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNGAN DI BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada BPRS Suriyah KC Salatiga). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5455/

Ode, L. (2013). Analisis Religiusitas. Yayasan Pustaka Obor.

Rahmawati, A. (2019). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. IAIN Salatiga.

Rokhaniah, N., Siti, H., & Mustika, W. (2020). Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Pada Bank Syariah ( Studi Kasus pada PT. Bank Syariah, TBK Kantor cabang pembantu Majapahit Semarang. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, Vol 3.

Saibantono, F., Triastity, R., & & Retno Susanti. (2018). Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan anggota untuk menabung ( Survai pada anggota KSPPS Bina Insan Mandiri Cabang Jeruksawit Karanganyar ). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, Vol 18 No.

Soegoto Eddy Soeryanto. (2008). Soegoto, Eddy Soeryanto. 2008. Marketing Research. Jakarta: Elex Media. Elex Media.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&G Cetakan 22. Alfabeta.

Sujarweni. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi Cetakan 1. Pustaka Baru Press.

Sumarwan. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Salemba.

Tjiptono Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. Andi.

Ujang, S. (2011). Perilaku Konsumen:teori dan penerapannya dalam pemasaran. Ghalia Indonesia Cet 1.

Wahyu Utami, dkk. (2015). Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi dan Motivasi terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 3, No.

Widowati. (2018). Pengaruh pengetahuan produk tabungan, reputasi bank dan persepsi nasabah mengenai suku bunga simpanan terhadap keputusan menabung nasabah. Jurnal Nominal, Vol VII.

www.Otoritas Jasa Keuangan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.18398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.