ANALISIS PENERAPAN AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI KASUS DI DESA KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR)

Nurul Aida Natasya

Abstract


ANALISIS PENERAPAN AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN  ALOKASI DANA DESA (Studi Pada Desa Koto Perambahan Kec. Kampa Kab. Kampar)

 

Oleh :

Nurul Aida Natasya

ABSTRAK

Alokasi Dana Desa merupakaan dana yang diberikan kepada desa berasal dari dana perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah untuk mewujudkan pemenuhan hak desa untuk menyelenggarakan otonominya agar tumbuh dan berkembang mengikuti pertumbuhan dari desa itu sendiri berdasarkan keanekaragaman, partisipasi, otonomi asli, demokratisasi, pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan peran Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memacu pembangunan dan pertumbuhan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. untuk memperoleh sampel, peneliti menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara bertahap dari observasi, dokumentasi dan wawancara dengan beberapa informan. Menggunakan teknik triangulasi dalam menganalisis data Pemerintah Desa Koto Perambahan menjalankan sesuai juknis baik tingkat desa, kabupaten, kecamatan dan pusat. Seluruh perangkat desa terutama sekretaris desa yang menjadi tulang punggung desa menjalakan akuntabilitas dalam pengelolaan alokasi dana desa sesuai dengan regulasi. Pemerintah Desa Koto mewujudkan penerapan transparansi dalam pengelolaan ADD dengan cara mempublikasikan penggunaan ADD dipapan informasi desa berisi pengalokasian dana desa. Masyarakat turut ikut mengelola. Masyarakat turut ikut serta dlam mengelola ADD. Terdapat faktor yang menghambat didalam alokasi dana desa adalah pada tahap pencairan yang mengalami keterlambatan.

Kata kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi masyarakat, Pengelolaan Alokasi Dana Desa 




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v18i2.17235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.