ANALISIS KOINTEGRASI ANTARA SAHAM SYARIAH DAN TINGKAT SUKU BUNGA (STUDI EMPIRIS PADA BURSA EFEK INDONESIA)

Umi Rachmach Damayanti

Abstract


Penelitian ini mencoba menganalisis Hubungan Jangka Panjang antara Jakarta Islamic Indeks (JII) yang terdapat di Bursa Efek Indonesia dan Suku Bungan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan menggunakan Analisis Kointegrasi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interdependensi dan hubungan jangka panjang antara saham syariah dengan suku bunga konvensional. Topic ini menarik karena dua alasan yaitu untuk mengetahui aspek independensi dan diversifikasi. Independensi maksudnya adalah apakah saham syariah benar-benar terhadap telah independent terhadap factor-faktor yang mengandung unsur yang haram, di samping itu juga untuk mengetahui apakah terdapat kemungkinan untuk melakukan diversifikasi antara kedua variable tersebut.

Variable dalam penelitian ini adalah data harga saham syariah dan data suku bunga konvensional. Sebagai representasi dari harga saham syariah adalah JII dan sebagai representasi suku bunga konvensional diambil data dari SBI.

Berdasarkan hasil olah data yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa antara kedua variabel yang diuji tidak mempunyai hubungan dalam jangka panjang (kointegrasi). Karena 2 variabel yang diuji adalah JII, yang merupakan representasi dari saham syariah, dan SBI, yang merupakan representasi dari tingkat bunga konvensional maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan dalam jangka panjang antara kedua variabel tersebut.


Keywords


saham syariah;suku bunga;analisis kointegrasi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v9i1.1113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.