Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam

PUTRIANA PUTRIANA PUTRIANA, Isnah Maulina

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam, baik secara parsial maupun simultan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam sebanyak 25 orang. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau sensus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai BPJS ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam. Komitmen organisasi secara parsial  berpengaruh terhadap kinerja pegawai BPJS ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam. Secara simultan kepuasan kerja  dan komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai BPJS ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam. Besar pengaruh  kepuasan kerja  dan komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai BPJS ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Panam ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,667. Hal ini menunjukkan bahwa 66,7% kinerja pegawai di pengaruhi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasi dan sisanya sebesar 0,333 atau  33,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

 


Keywords


Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Kinerja

References


DAFTAR PUSTAKA

Al – Qur’an

Afandi, Pandi. 2018. Manajemen Sumberdaya Manusia Teori,Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Anggereni, Ni Wayan Eka Sri. 2017. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Lembaga Perkreditan Desa Kabupaten Belulang. Pendidikan Ekonomi. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.10 No.2

Aprilia, Friska. 2017. Pengaruh Beban Kerja, Stress Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru.Fakultas Ekonomi. Universitas Riau. Vol.4 No.1

Budiawan, Suarjana Dan Wijaya. 2015. Hubungan Kompetensi, Motivasi Dan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana. Vol.3 No.2

Chang, Wiliam. Metologi Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, dan Disertasi untuk Mahasiswa. Jakarta: Erlangga, 2014.

Dewi, Mardiani. 2015. Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja pegabai bank Kalsel:(http://jwm.ulm.ac.id)diakses pada 10 Januari 2019 )

Edison Emron, Yohny Anwar dan Imas Komariah., 2016., Manajemen Sumber Daya Manusia, Alfabeta, Bandung.

Elisabeth, Manuho, Herman Warouw Dan Rivelino Hamel. 2015. Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Di Instalasi Rawat Inap C1 Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran. Universitas Sam Ratulangi. Vol.3 No.2

Ghozali, Imam.2013. AplikasiAnalisis Multivariate denganProgram SPSS. Semarang: B-PUNDIP.

Handoko, Hani. 2011. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Harini, Sri. Sudarijati. Dan Kartiwi Niken. 2018. Worload, Work Environment and Employee Performance of Housekeeping. Departement of Management, Djuanda University, Jl. Tol Ciawi No. 1, Bogor, Indonesia Vol.3

Hariyati, Tutik Sri. 2013. Perencanaan dan Pengembangan dan utilitas Tenaga Keperawatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasibuan. Melayu.2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Husein Umar. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrayani, Henni. Mahyarni. Meflinda, Astuti. Nurfaisal.2013. Manajemen Sumberdaya Manusia Terintegrasi. Pekanbaru: Suska Press.

Joko Utomo, Suwardi. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai Setda Kabupaten Pati. Universitas Muria Kudus. Dipublikasikan.

Malayu S.P Hasibuan. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muslim Hr Bukhari Al-Qur’an dan Terjemahan.

Nimran, Umar dan Amirullah. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia & Perilaku Organisasi. Malang : Sinar Akademika.

Novita. 2011. Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk ritel Jatim Selatan.: (http://jurnal.ugm.ac.id) diakses pada 12 Januari 2019 )..

Rivai, vaithzal.2011 manajenem sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori dan praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Robbins Stephen P. dan Judge Timothy A., 2015, Perilaku Organisasi, Edisi 16, Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. (2011). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins, Stephen P. dan Coulter M. 2010. Manajemen, Edisi Kesepuluh, Jakarta Erlangga.

Robert Kreitner dan Angelo Kinicki, 2014, Perilaku Organisasi, Edisi 9, Buku ke1, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono.2011. Metode Penelitian Administrasi (Metode R&D),Cetakan: ke15. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Bisnis(Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D) Cetakan ke-18. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan (Teori dan Aplikasi dengan SPSS). Yogyakarta: CV Andi Offset

Sunyoto, Danang. 2012. Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: CAPS.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen sumber daya manusia. ( cetakan ketiga) kencanaprenadamedia group, jakarta.

Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahyudi, Ni Komang Sri. 2016. Pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja pada karyawan Dinatiya Hotel Kuta Bali :(http://simdos.unud.ac.id)diakses pada 12 Januari 2019 )

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v16i2.10910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.