KARAKTERISTIK MASYARAKAT MUSLIM KOTA SAMBAS DALAM MENENTUKAN ARAH KIBLAT UNTUK PELAKSANAAN SALAT DI RUMAH

Reza Akbar

Abstract


Kepastian tentang arah kiblat tidak hanya diperlukan bagi sebuah masjid saja, melainkan diperlukan pula di tempat-tempat seperti rumah, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan tempat-tempat lain. Salat di rumah tentu tidak dapat dihindarkan baik bagi seorang muslim laki-laki maupun wanita karena beberapa kondisi yang menghendaki seseorang mesti melakukannya. Tentu tidak semua masyarakat mampu menentukan arah kiblat secara tepat ketika melaksanakan salat di rumah disebabkan berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik masyarakat Kota Sambas dalam menentukan arah kiblat untuk pelaksanaan salat di rumah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang menerapkan teori grounded dan datanya diperoleh dari hasil wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa karakteristik masyarakat Kota Sambas Kalimantan Barat dalam penentuan arah kiblat untuk pelaksanaan salat di rumah adalah: pertama, penentuan arah kiblat umumnya masih menggunakan perkiraan arah masjid terdekat. Kedua, pada umumnya, masyarakat tidak memberikan tanda khusus seperti garis atau tanda anak panah sebagai petunjuk arah kiblat di rumah. Ketiga, secara umum, masyarakat Kota Sambas dalam menentukan arah kiblat masih menggunakan dugaan karena sebagian besar tidak diberi tanda khusus dan menggunakan arah kiblat masjid terdekat.


Keywords


Arah Kiblat, Salat, Kota Sambas

Full Text:

PDF

References


‘Awânah, Abû, (tt). Musnad Abû ‘Awânah, Beirut: Dârul Ma’rifah, Maktabah Syamilah

Baihaqi, Ahmad bin al-Husain bin ‘Ali bin Musa al-Khusrowjirdi al-Khurasani Abu Bakr. (2013). Al-Sunan al-Kubra, Beirut: Dar al-Kutub al-‘ilmyyah, Maktabah Syamilah.

Badan Pusat Statistik, (2010). Peraturan Kepada Badan Pusat Statistik Nomor 37 Tahun 2010 Tentang Klasifikasi Perkotaan dan Perdesaan di Indonesia, Buku III, Cet-2.

Dukcapil, (2018). “Data Statistik Kependudukan Provinsi Kalimantan Barat”, https://www.dukcapil.kalbarprov.go.id/statistik/agama, diakses 9 April 2019.

Fakh Râzî, (tt). Tafsir Fakhr Râzî, Juz 2, Maktabah Syamilah

Fatahillah, Ahmad Ghazali Muhammad, (2017). Jami’u al- adillah Ila Ma’rifati Samtu al-Qiblah. Madura: Lafal.

Hambali, Slamet, (2013). Ilmu Falak Arah Kiblat Setiap Saat. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

_____________, (2012). Pengantar Ilmu Falak Menyimak Proses Pembentukan Alam Semesta, Banyuwangi : Bismillah Publisher.

Izzuddin, Ahmad, (2011). “Kajian terhadap Metode-Metode Penentuan Arah Kiblat dan Akurasinya”, (Desertasi), Pascasarjana UIN Walisongo Semarang.

Kementrian Agama RI, (2017). Ephemeris Hisab Rukyat, Jakarta: Kementrian Agama RI

Marwadi, (2014). “Aplikasi Teori Geodesi dalam Perhitungan Arah Kiblat: Studi untuk Kota Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen”, Jurnal Al-Manahij Jurnal Kajian Hukum Islam, DOI: https://doi.org/10.24090/mnh.v8i2.416 , Vol 8 No 2 (2014): 329-351, diakses 12 Maret 2019.

Munajjid, Syekh Muhammad Shalih, (2019). “Hukum Membangun Kloset Menghadap Kiblat”, https://islamqa.info/id.

Muslim, Kori Lilie, (2017). “Nilai-Nilai Islam dalam Budaya dan Kearifan Lokal (Konteks Budaya Mingkabau”, Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan, Volume 1 Nomor 1 Tahun 2017: 48, e-ISSN: 2614-8129, https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna/ article/view/441/pdf, diakses 9 April 2019

Raharto, Moedji & Dede Jaenal Arifin Surya, (2011). “Telaah Penentuan Arah Kiblat dengan Perhitungan Trigonometri Bola dan Bayang-Bayang Gnomon oleh Matahari”, Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia, Volume 11 (1), Juni (2011), diakses 6 Maret 2018, https://anzdoc.com.

Rukyatul Hilal Indonesia (RHI), (2019). “Cara Menentukan Arah Kiblat”, irhandiferianto.orgfree.com/arah_kiblat.pdf.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kualitatif: untuk Penelitian yang bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif, Bandung: Alfabeta.

Shun’ânî, Muhammad Ibnu Ismâ’îl Al-Amîr Al-Kahalânî, (1960). Kitab Subul As-Salâm Bab Âdâb Qadhâul Hâjah, Juz 1, Beirut: Maktabah Mushthofâ Al-Bâbi Al-Halbî, Maktabah Syamilah

Vincenty, T. (1975). “Direct and Inverse Solutions of Geodesics on the Ellipsoid Application of Nested Equations”, Survey Review XXII.

Wikipedia, “Kabupaten Sambas”, https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sambas.

__________, “Sambas, Sambas”, https://id.wikipedia.org/wiki/Sambas,_Sambas.

__________, “Suku Sambas”, https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Sambas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v16i1.6964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung