REPRODUKSI SALAFISME: Dari Kesunyian Apolitis Menjadi Jihadis

Nafik Muthohirin

Abstract


Artikel ini membahas tentang satu dari sekian organisasi fundamentalisme Islam di Indonesia, yaitu Jamaah Salafi. Secara spesifik, naskah ini menyuguhkan diskusi menarik perihal perubahan ideologi dan gerakan Salafidari sebuah pergerakan Islam yang pada awalnya menghindari hiruk pikuk politik, kemudian berubah menjadi doktrin yang menginisiasi kemunculan benih-benih gerakan jihadis.Transformasi gerakan ini mulanya bertujuan sangat mulia ingin mengangkat kesejahteraan umat Islam secara keseluruhan, namun doktrin jihadis yang dibenihkan justru berakhir dengan munculnya kekacauan global. Lebih jauh bahwa artikel ini juga menjelaskan tentang bagaimana kelompok Salafi Jihadis berbicara tentang geopolitik global, Khilafah Islam, serta ketidakadilan sosial yang dialami umat Islam. Dalam perspektif mereka, sudah waktunya bagi umat Islam untuk terlibat dalam percaturan politik global, sebab kemiskinan dan keterpurukan yang dialami negara-negara Islam pasca Perang Dingin usai, tidak lain diakibatkan kolonialisme melalui perekonomian dan politik global oleh bangsa-bangsa Barat.


Keywords


jihad, salafis, fundamentalisme

Full Text:

PDF

References


De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalamSaukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.

UIN Suska Riau. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v14i1.4162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung