EVALUASI PENYUSUNAN PROGRAM KERJA KOMITE SEKOLAH: UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI I SUNGAI PAKNING

Arbi Yasin, Lisdawati Lisdawati

Abstract


Perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan peran serta dalam pengelolaan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan peluang berpartisipasi bagi masyarakat tersebut adalah melalui wadah yang disebut Komite Sekolah. Kajian peningkatan kualitas atau mutu pendidikan ini merupakan penelitian lapangan yang lebih banyak memfokuskan penelitian ilmiahnya ke arah: (1) Mengadakan berbagai evaluasi dan identifikasi baik dari segi evaluasi dan identifikasi potensi, hambatan maupun evaluasi dan identifikasi kebutuhan partisipasi masyarakat (orangtua siswa) dalam kegiatan pendidikan; (2) Melakukan evaluasi terhadap penyusunan program kerja Komite Sekolah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat (orangtua siswa) dalam kegiatan pendidikan dengan melibatkan partisipasi semua pihak yang terkait (stakeholders). Kajian ini menunjukkan bahwa program kerja Komite Sekolah yang paling awal dan paling mendasar adalah harus melakukan berbagai evaluasi dan  identifikasi hambatan yang melibatkan partisipasi semua pihak yang terkait. Berdasarkan hasil evaluasi dan identifikasi terhadap berbagai hambatan berpartisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri I Sungai Pakning itu, barulah disusun beberapa program kerja Komite Sekolah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri I Sungai Pakning.  Adapun program kerja Komite Sekolah yang utama dan yang diprioritaskan  untuk meningkatkan partisipasi masyarakat (orangtua siswa) dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri I Sungai Pakning yang telah tersusun  adalah : (1) Pelatihan tentang Komite Sekolah agar masyarakat (orangtua siswa) mengetahui hak dan kewajibannya dalam berpartisipasi di Komite Sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri I Sungai Pakning; (2) Penerapan subsidi silang yaitu masyarakat (orangtua siswa) yang mampu secara ekonomi memberikan subsidi kepada siswa yang kurang mampu secara financial; (3) Pelibatan orangtua siswa sebagai panitia dalam kegiatan di sekolah dan pertemuan rutin antara orangtua siswa, Komite Sekolah dan para guru.


Keywords


Evaluasi, Identifikasi, Program Kerja, Komite Sekolah

Full Text:

PDF

References


Bogdan, Robert C and Biklen, Sari Knopp, 1982, Qualitative Research for Education : an introduction and Theory and Methodes, Boston, Alyyn an Bacon Inc.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, 2008. Buku Petunjuk Penggunaan Dana Operasional Penyelenggaraan Pendidikan dan Dana Rutin Sekolah Tahun Anggaran 2008. Bengkalis.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional RI, Jakarta.

, 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Departemen Pendidikan Nasional RI. Jakarta.

, 2002. Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Lewis, J. Dan P. Walker, 2001, Mewujudkan Partisipasi. 21 Teknik Partisipasi Masyarakat untuk Abad 21, Participation Works, New Economics Foundation The British Council.

Madrie, 1986, Beberapa Faktor Penentu Partisipasi Anggota Masyarakat dalam Pembangunan Desa (Disertasi), Program Pascasarjana Institut Pertanian. Bogor.

Mikkelsen, B. 2001, Metode Penelitian Partisipasi dan Upaya-Upaya Pemberdayaan, Sebuah Buku Pegangan Bagi Praktisi Lapangan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Pamuji, Otok S. 1997, Menuju Pendekatan Pembangunan yang Partisipatif, Buletin Bina Swadaya No. 11 Tahun V, September 1997.

Poerbakawatja, Soegarda. 1980, Ensiklopedia Pendidikan, Kanisius. Yogyakarta.

Prishardoyo, 2002, Komite Sekolah Sekedar Neo BP3 , Suara Merdeka. Senin, 21 Oktober 2002. Semarang.

Purwanto, N. 1987, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya.

Sahidu, A. 2007, Partisipasi Masyarakat Tani Pengguna Lahan Sawah dalam Pembangunan Pertanian di Daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat (Disertasi), Program Pascasarjana. IPB-Bogor.

Singarimbun, dan Effendi, 1989, Metode Penelitian Survei, PT. Pustaka LP3ES. Jakarta.

Spradley, J.S, 1990, Participan Observation, Holt, Reneland ang Winston, New York

Wahjosumidjo, 2002, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v13i2.3538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung