DAMPAK PERILAKU KOMUNIKASI DAN PEMAHAMAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP KOMUNIKASI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Nurdin Nurdin, Muhammad Badri, Dewi Sukartik

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik individual, perilaku komunikasi, nilai-nilai islam, aktivitas komunikasi untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan oleh Masyarakat Peduli Api di Bengkalis.Selanjutnya dipaparkan analisa perilaku komunikasi pada penangguhan api di Sepahat Bengkalis, dan menganalisasi dampak dari nilai-nilai islam pada aktivitas komunikasi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan di sepahat Bengkalis. Lokasi penelitian di Desa Sepahat Bukit Batu Bengkalis, dengan menggunakan pendekatan komunikasi dan konseling pada Komunitas Peduli Api. Total sampel 32 orang anggota Masyarakat Peduli Api. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan perilaku komunikasi terhadap aktivitas komunikasi untuk pencegahan kebakaran hutan bagi anggota MPA. Dan juga ada korelasi yang signifikan dengan nilai-nilai Islam dan aktivitas komunikasi untuk pencegahan kebakaran hutan bagi anggota MPA. Oleh karena itu perilaku komunikasi dan budidaya nilai-nilai Islam yang berkontribusi terhadap terbentuknya pola komunikasi pencegahan kebakaran hutan bagi anggota MPA di Desa Sepahat Bengkalis.

Full Text:

PDF

References


Beebe, S.A., S.J. Beebe, D.K. Ivy 2011. Communication: Principles for A Lifetime. Fourth Edition.Boston (US): Allyn & Bacon.

Creswell, J.W. 2007. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. California (US): Sage Publications.

Eriksen, C. &T.Prior.2012. Defining the importance of mental preparedness for risk communication and residents well-prepared for wildfire. International Journal of Disaster Risk Reduction, Volume 6, Pages 87–97.

Fiske, J. 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta (ID): Rajawali Pers.

Ginting, T. 2009. Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Melalui Partisipasi Masyarakat.Dalam Prosiding Workshop Teknik Pencegahan Kebakaran Hutan Melalui Partisipasi Masyarakat. Kabanjahe (ID): Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam dan Dinas Kehutanan Kabupaten Karo.

Kriyantono, R. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Mulyana, D. 2009. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung (ID): Remaja Rosdakarya. NASA. 2015. FIRMS Web Fire Mapper. Sumber https://firms.modaps.eosdis.nasa.gov/firemap/ [9 April 2015] Nurjanah, R. Sugiharto, D. Kuswanda, Siswanto, Adikoesoemo. Manajemen Bencana. Jakarta (ID): Alvabeta. Olsen, C.S., D.K. Mazzotta,E. Toman,P. Fischer. 2014. Communicating About Smoke from Wildland Fire: Challenges and Opportunities for Managers. Journal Environmental Management, Volume 54 (3), pp 571-582. Pearson, J.C., P.E. Nelson, S. Titswort, L. Harter. 2011. Human Communication.Fourth Edition. New York (US): McGraw-Hill. PPE Sumatera. 2014. Laporan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Asap 26 Februari – 4 April 2014. Pekanbaru (ID): Pusat Pengelolaan Ekoregion Sumatera.

Ramli, S. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Bencana (Disaster Management). Jakarta (ID): Dian Rakyat. Sphere,P. 2006. Piagam Kemanusiaan dan Standar Minimum dalam Respons Bencana. Jakarta (ID): Grasindo. Sudibyakto, A. Retnowati, A.D. Suryanti, D. Hisbaron. 2012. Menuju Masyarakat Tangguh Bencana. Tinjauan dari Fenomena Multi-bencana di Indonesia. Dalam Konstruksi Masyarakat Tangguh Bencana. Kajian Integratif Ilmu, Agama, dan Budaya (Ed: Indiyanto A &Kuswanjono A). Bandung: Mizan. Syaufina, L. 2008. Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia. Malang: Bayumedia Publishing. Tempo. 13 Desember 2014. Jumlah Titik Api di Riau Naik Drastis 2014. Tersedia di:http://www.tempo.co/read/news/2014/12/13/206628222/Jumlah-Titik-Api-di-Riau-Naik-Drastis-2014 [Diunduh 3Januari 2015]




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v13i1.3461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung