Moderasi Beragama Berbasis Sosio Kultural pada Generasi Milenial Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

Intan Musdalifah, Hamidah Tri Andriyani, Krisdiantoro Krisdiantoro, Afif Pradana Putra, Moh. Ali Aziz, Sokhi Huda

Abstract


Masyarakat Indonesia yang majemuk menuntut untuk menerapkan sikap yang toleran. Akan tetapi, menjadi sebuah paradoks di tengah masyarakat Indonesia yang beragam, timbulnya sikap intoleran, radikalisme dan ektrimisme terutama yang menyasar kalangan generasi milenial begitu memprihatinkan, untuk itu perlu dibangun pemahaman yang moderat. Dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana moderasi beragama berbasis sosio kultural pada generasi milenial desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Peneliti menggunakan metode kualitatif lapangan dengan pendekatan fenomenologi., Moderasi beragama di desa Balun terjadi dalam aspek sosial kultural masyarakat, seperti mengikuti kegiatan sosial, keagamaan, kepemudaan, peringatan hari besar nasional, pernikahan, namum dengan tetap memperhatikan batasan dari toleransi. Organisasi karang taruna menjadi wadah interaksi pemuda lintas agama. Toleransi beragama generasi milenial desa Balun tidak lepas dari peran pendidikan dalam keluarga yang secara turun temurun ditanamkan oleh orang tua mereka.

Keywords


moderasi beragama; sosio kultural; generasi milenial

Full Text:

PDF

References


Ali, H., & Purwandadi, L. (2017). Millenial Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Kencana,.

Arifinsyah. (2002). Hubungan Antar Umat Beragama Wacana Pluralisme Ekslusivisme dan Inklusivisme. IAIN Press.

Arofah, L. (2010). Pola Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan Kerukunan Hidup Antar Umat Beragama Di Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun 2009. Skripsi Fakultas Tarbiyah STAIN Salatiga.

Badan Pusat Statistik. (t.t.). Profil generasi millennial indonesia, kerja sama kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Budiyono. (2020). Model Pendidikan Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal di IAIN Pontianak. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 4(3).

Echols, J. M., & Shadzily, H. (2009). Moderasi. Dalam Kamus Inggris Indonesia: An English-Indonesian Dictionary (29 ed.). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Hiqmatunnisa, H., & Az-Zafi, A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN menggunakan Konsep Problem Based Learn. Jurnal JIPIS, 29(1).

Huda, S. (2019, Januari 29). Responsibilitas Tasawuf Kontemporer terhadap Generasi Milenial.

Indraswari, Y. D. (2020). Jalan Tengah Jalan Damai, sembilan kisah inspiratif praktik moderasi beragama. Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah.

Juwita, R., Roza, N., & Mulkhairi, I. (2019). Artikel Konsep dan Peranan Agen Perubahan.

KBBI. (t.t.). Diambil dari https://kbbi.web.id/sosio

Kementrian Agama RI. (2019a). Moderasi Beragama (pertama). Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Kementrian Agama RI. (2019b). Tanya Jawab Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI.

Kementrian komunikasi dan informatika republic Indonesia “mengenal generasi millennial.” (t.t.).

Khotimah, K. (2020, Februari). Sejarah Perkembangan Desa Pancasila di Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan 1967-2019. Skripsi.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Musdalifah, I. (2021). Komunikasi Antar Umat Beragama di Desa Pancasila Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan (Skripsi). UINSA, Surabaya.

Nuriz, M. A. L. (2019). Generasi Muda Milenial dan Masjid di Era digital. Dalam Masjid di Era Digital Arah Baru Literasi Keagamaan. Jakarta: Center for the stdy of religion and culture (CSRC).

Prasasti, S., & Teguh Prakoso, E. (2020). Karakter dan Perilaku Milenial: Peluang atau Ancaman Bonus Demografi. Consilia Jurnal Ilmiah BK, 3(1).

Pratama, F. F., & Rahmat. (2018). Peran Karang Taruna dalam Mewujudkan Tanggung Jawab Sosial Pemuda Sebagai Gerakan Warga Negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(2).

Raharjo Jati, W. (2015). Bonus Demografi sebagai Mesin Pertumbuhan Ekonomi: Jendela Peluang atau Bencana di Indonesia. Academia Accelerating the world’s research, 26(No. 1).

Subandowo, M. (2017). Peradaban dan Produktivitas dalam Perspektif Bonus Demografi serta Generasi Y dan Z. Sosio Humanika Jurnal Pendidikan Sosial dan Kemanusiaan, 10(2).

Sumarto, & Harahap, E. K. (2019). Mengembangkan Moderasi Pendidikan IslamMelalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Ri’ayah, 4(1).

Sunoto, I., & Nulhakim, A. L. (2017). Mengukur Tingkat Partisipasi Pemuda dalam Program Karang Taruna dengna Pendekatan Metode Fuzzy Infrence Syistem Mamdani. Jurnal Simetris, 8(2).

Syaifuddin, & Ali Aziz, Moh. (2020). Dakwah Moderat Pendakwah Nahdatul Ulama (Analisis Konten Moderasi Beragama Berbasis Sejarah). Jurnal Hikmah, 15(No. 1).

Tumanggor, R., & dkk. (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: PT. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v18i2.15437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung