Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk rekonstruksi pengetahuan masyarakat suku duanu secara ilmiah dalam tradisi manongkah kerang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada tokoh masyarakat suku duanu dan studi literatur. Data dianalisis menggunakan metode analisi kualitatif miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat suku duanu memiliki tradisi manongkah kerang berupa kegiatan pengambilan kerang di pesisir pantai Indragiri hilir riau. Proses pengambilan kerang dan alat yang digunakan memiliki pengetahuan masyarakat lokal (indigeneous science) yang memuat konsep-konsep sains dan adanya terkansung nilai konservasi lingkungan. Kearifan lokal manongkah kerang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dengan adanya konsep sains dan nilai-nilai konservasi terutama pada materi tentang ekosistem.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrifo, V. (2013). Analisis Sosiologis Ekonomi Kelembagaan Dalam Transformasi Sosio Kultural Masyarakat Adat (KasusSukuDuanodi ProvinsiRiau). Jurnal Terubuk, 41(Vol 41, No 1 (2013)), 62–74.
Ilhami, A. (2019). Kontribusi Budaya Lokal Terhadap Literasi Lingkungan: Studi Kasus di SMP Pandam Gadang Sumatera Barat. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 2).
Ilhami, A., Syahvira, R., Maisarah, U., & Diniya, D. (2020). Kajian Etnosains Tradisi Maauwo di danau Bakuok sebagai Sumber Pembelajaran Biologi. BIOEDUCA : Journal of Biology Education, 2(2), 13. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v2i2.6326
Ilhamudin, M. (2019). Pengaruh Tingkat Kerapatan Mangrove Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Kerang Darah (Anadara granosa). Jurnal Perikanan Unram, 9(1), 75–85. https://doi.org/10.29303/jp.v9i1.142
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran IPA. Jakarta.
Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1), 67–74.
Mariza Oktavia, A., & Prihatmaji, Y. P. (2019). Tektonika Rumah Gadang Sebagai Bentuk Konstruksi Struktur yang Ramah Tahan Gempa. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 2, 655–663. Retrieved from https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/113
Nuralita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 1–8.
Pieter, J. (2016). Pembelajaran Ipa Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Solusi Pengajaran Ipa Di Daerah Pedalaman Provinsi Papua. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UNCEN Tahun 2016, 44–54. https://doi.org/10.5281/zenodo.840857
Rahmawati Z, Y. R., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang Minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Ria Febu Khoerunnisa, N. Murbangun, S. (2012). Pengembangan Modeul IPA Terpadu Etnosains untuk Menumbuhkan Minat Kewirausahaan. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.
Suastra, W. (2013). Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir Dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 221–235. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2166
Suhartini. (2007). Kajian Kearifan Lokal Masyarakat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 206–218.
Tillery, B., Enger, E. D., & Ross, F. C. (2011). Integrated science. New York: McGraw-Hill.
Vicamilia, N. (2020). Etnobotani tumbuhan obat oleh masyarakat Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan Madura. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Wahyuni, D. (2017). Festival Menongkah: Revitalisasi Budaya dan Bahasa Duanu Menuju Industri Kreatif. Kapata Arkeologi, 13(2), 163. https://doi.org/10.24832/kapata.v13i2.407
Wijana, N. (2015). Pengaruh Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal Ke Dalam Materi Ajar Mata Kuliah Ilmu Lingkungan Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fmipa Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(2), 647–657. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6061
Winarto, Y. T., & Choesin, E. M. (2014). Pengayaan Pengetahuan Lokal, Pembangunan Pranata Sosial: Pengelolaan Sumberdaya Alam dalam Kemitraan. Antropologi Indonesia, 0(64), 91–106. https://doi.org/10.7454/ai.v0i64.3412
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v18i1.12723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Center for Research and Community Development
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,
Pekanbaru, Riau 28293
Indexed By: