Implementasi Simple Additive Weighting (SAW) pada Group Decision Making dalam Penilaian Kinerja Guru

Okfalisa Okfalisa, Gustri Mulianti, Rizka Hafsari, Misra Hartati, Luh Kesuma Wardhani3

Abstract


Guru merupakan pendidik profesional yang berperan penting pada dunia pendidikan, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan Penilaian Kinerja Guru (PK GURU) yang sesuai dengan kriteria penilaian guru yaitu: pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Guna memberikan objektivitas yang optimal pada penilain kinerja guru, maka penelitian ini mencoba memandang penilaian professional guru dari dua perspektif (multiple perspektif) sebagai suatu group decision making. Kepala sekolah sebagai pimpinan langsung dan siswa sebagai objek yang berinteraksi dan menerima pelayanan guru secara langsung. Metode Simple Additive Weighting (SAW) digunakan untuk menganalisis 14 kompetensi dan 78 indikator penilaian kinerja guru dari perspektif kepala sekolah dan 17 indikator penilaian kinerja guru dari perspektif siswa. Sebagai hasilnya, penggabungan penilaian SAW pada group decision making memberikan rekomendasi berupa rangking performansi guru berdasarkan penilaian perpektif kinerja guru. Sebagai studi kasus, implementasi aplikasi SAW dilakukan dalam mengukur kinerja guru di SMP Al-Ulum Islamic School. Penilaian 9 orang guru dari perspektif kepala sekolah dan 180 orang siswa dilakukan. Aplikasi ini dapat memberikan penilaian yang lebih objektif terhadap performansi guru disekolah. Pengujian User Acceptance Test (UAT) dan Blackbox Testing menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik sesuai hasil perhitungan dan dapat diterima oleh pengguna terutama dalam membantu membuat keputusan terkait performansi guru disekolah.

Full Text:

PDF

References


Miller, R.I., 1980, Appraising institutional performance, Improving Academic Management, USA: John Wiley and Sons

Sallis, E., 2002, Total Quality Management in Education, London: kogan Page Limited.

Danin, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Fathorrahman, 2017, “Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen”, Jurnal Akademika, vol. 15, no. 1, hal. 1–6.

Mulyasa, 2005, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja

Robbins, Stephen P, 2003. Organizational Behavior: New Jersey: Printice Hall, Inc upper Saddle River.

S. Winarno, 2008, “Profesionalisme Guru dan Dunia Pendidikan”, wordpress.com, hal. 67–84,.

Isjoni. 2008. Guru sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B. Vahdani, S. M. Mousavi, dan R. Tavakkoli-moghaddam, 2011, “Group decision making based on novel fuzzy modified TOPSIS method,” Appl. Math. Model., vol. 35, no. 9, hal. 4257–4269.

S. Ebrahimnejad, S.M. Mousavi, H. Seyrafianpour,

, Risk identification and assessment for build operate-transfer projects: a fuzzy multi attribute decision making model, Expert Syst. Appl. 37, 575–586.

S.M.H. Mojtahedi, S.M. Mousavi, A. Makui, 2010, Project risk identification and assessment simultaneously using multi attribute group decision making technique, Saf. Sci. 48 (4),499–507.

Z. Yue, 2011, A method for group decision-making based on determining weights of decision makers using TOPSIS, Appl. Math. Model. 35, 1926–1936.

M.-S. Kuo, G.-H. Tzeng, W.-C. Huang, 2007, Group decision-making based on concepts of ideal and anti-ideal points in a fuzzy environment, Math. Comput. Model. 45, 324–339.

A. Makui, S.M.H. Mojtahedi, S.M. Mousavi, 2010,Project risk identification and analysis based on group decision making methodology in a fuzzy environment, Int. J. Manage. Sci. Eng. Manage. 5 (2),108–118.

H.S. Shih, H.J. Syur, E.S. Lee, 2007, An extension of TOPSIS for group decision making, Math. Comput. Model. 45, 801–813.

Kabassi, K., Virvou, M., 2004. Personalised adult e-training on computer use based on multiple attribute decision making. Interacting with Computers 16, 115–132.

Chang, Y.H., Yeh, C.H., 2001. Evaluating airline competitiveness using multiattribute decision making. Omega 29, 405–415.

S. Chou, 2008, “A fuzzy simple additive weighting system under group decision-making for facility location selection with objective / subjective attributes,” vol. 189, hal. 132–145.

Kurniawan, A., & Kusrini. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru ( Pkg ) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ) Pada Sd Negeri 1 Wonoroto, 6–7.

S.Hutasoit, R., Perdana.W, A., Hartama, D., & Solikhun. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Terbaik Pada Smk Maria Goretti Pematangsiantar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw), 1.

Muslihudin, M., Triananingsih, F., & Anggraei, L. (2017). Pembuatan Model Penilaian Indeks Kinerja Dosen, 4–7.

Azizah Fatmawati dan HN Sari, 2019., Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penentu Beras Miskin Menggunakan Metode SAW dan TOPSIS (Studi Kasus: Desa Semagar Girimarto Wonogiri, Jurnal Mitra Manajemen 3(1), 96-108.

Ades, G., Hindayati, M., Aman S.,2015, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode SAW di Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Juita, Vol. 3, No.4, November.

I. Widaningrum, 2013, “Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan Metode Fuzzy Multi Attribute Decision Making dengan Pengembangan (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Ponorogo)”, hal. 61–66.

M. Muslihudin dan A. W. Arumita, 2016, “ Pembuatan Model Penilaian Proses Belajar Mengajar Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Simple Additife Weighting (SAW), Studi : STMIK Pringsewu,” hal. 6–7.

Eckerson. (2006). Dashboards and Scorecards. Business Intelligence Journal, 11(1), 4–7.

Swain Scheps, 2008, Business Intelligence for Dummies, Wiley & Sons, Incorporated, John.

Okfalisa, Septia A, Wresni A, M. Absor, M.Fauzi.,

Saktioto, 2018, “Integrated Analytical Hierarchy Process and Objective Matrix in Balanced Scorecard Dashboard Model for Performance Measurement”, Telekomnika.

Bernd Bruegge and Allen H., Dutoit, “Object Oriented Software Engineering Using UML, Patterns, and Java”. Prentice Hall. Edition: 3-rd edition. ISBN-13: 978-0136061250.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id