Analisis Optimasi Biaya dan Waktu dengan Metode PERT dan TCTO (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jembatan Sei Merangin Kabupaten Kampar)

Elfira Safitri, Sri Basriati, Riska Wulandari, Zukrianto Zukrianto

Abstract


Salah satu proyek yang dijalankan oleh PT. Lutvindo Wijaya Perkasa adalah proyek Pembangunan Jembatan Sei Merangin. Keterlambatan penyelesaian proyek merupakan kondisi yang sering terjadi dan tidak diinginkan. Upaya mengatasi keterlambatan dilakukan dengan optimalisasi waktu dan biaya pengerjaan proyek menggunakan metode Program Evaluation and Review Technique (PERT) dan Time Cost Trade Off (TCTO). Optimalisasi dilakukan dengan menghitung produktifitas pekerja dan biaya lembur pekerja akibat penambahan waktu jam kerja selama 1 jam dan 3 jam. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan PERT dengan penambahan 1 jam kerja dan 3 jam kerja, proyek dapat diselesaikan selama 207 hari dengan percepatan waktu 3 hari dan 188 hari dengan percepatan waktu 22 hari. Sedangkan menggunakan TCTO dengan penambahan 1 jam kerja dan 3 jam kerja, proyek dapat diselesaikan selama 174 hari dengan percepatan waktu 36 hari. Berdasarkan penelitian, metode TCTO lebih efisien dalam perkiraan waktu penyelesaian proyek dan biaya optimal dibandingkan metode PERT.

 

Kata kunci:  biaya, optimum, PERT, TCTO, waktu


Full Text:

PDF

References


Ardika, O. P. C., dkk. "Analisis Time Cost Trade Off dengan Penambahan Jam Kerja pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi II A)". E-Journal Matriks Teknik Sipil. Halaman. 273–280. 2014.

Bakti, F. "Pengertian CPM dan PERT". [Online] Available http://www. from fajarbax89.blogspot.com, diakses 15 Oktober 2018.

Hariono, Q. P. "Optimasi Waktu dan Biaya menggunakan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Access Road Construction and Soil Clean Up". Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri. Vol 2, No. 2, halaman. 199-211. 2016.

Husen, A. "Manajemen Proyek". CV Andi Offset, Yogyakarta. 2009.

Maddepungeng, A.,dkk. "Analisis Optimasi Biaya dan Waktu dengan Metode TCTO ( Time Cost Trade Off ) ( Studi Kasus : Proyek Pembangunan Pasar Petir Serang Banten )". Jurnal Fondasi. Vol 4, No. 1, halaman. 20-27. 2015.

Melda, A. "Analisis Biaya Pembangunan Proyek Perumahan menggunakan Metod PERT dan EVM (Studi Kasus: Perumahan D’Lion Cluster)". Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi UIN SUSKA Riau. 2017.

Soeharto, I. "Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional) Jilid 1". Edisi 2, Erlangga, Jakarta. 1999.

Wardani, N. M. E.,dkk. "Pembangunan Perumahan Citraland Palu menggunakan Metode Program Evaluation And Review Technique (PERT) – Critical Path Method (CPM)". Jurnal Ilmiah Matematika Dan Terapan. Vol 15, No. 2, halaman. 197–208. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id