Analisis Risiko Rantai Pasok Pabrik Kelapa Sawit Dengan Menggunakan Metode Scor

misra hartati, Tengku nurainun

Abstract


Pabrik Kelapa Sawit (PKS) merupakan salah satu pabrik kelapa sawit yang mengolah Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit menjadi produk minyak kelapa sawit (CPO) dan inti sawit (kernel). Berbagai macam risiko yang terjadi pada aliran supply chain di PKS ini mengharuskan PKS melakukan pengelolaan yang baik terhadap risiko-risiko yang terjadi karna risiko ini menghambat dan bahkan menyebabkan kerugian bagi pihak pabrik dalam memproduksi. Untuk mendapatkan hal tersebut harus diperlukan analisa risiko yang terdapat pada aliran Supply chain pada PKS. Dari hasil pengolahan dengan metode SCOR dapat diambil kesimpulan bahwa ada beberapa risiko yang terjadi di aliran rantai pasok pabrik kelapa sawit, risiko ini ada yang tergolong kepada risiko yang tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan diagram pareto, ada 18 penyebab risiko yang harus menjadi perhatian oleh PKS.

 Kata Kunci: Metode SCOR, Pabrik Kelapa Sawit (PKS), Supply Chain


Full Text:

PDF

References


Anatan, Linadan Lena Ellitan.“Supply Chain Management TeoridanAplikasi”.Alfabeta, Bandung. 2008.

Ernawati, Dira. “Pengembangan Model PengukuranKinerja Supply Chain di PT. Indomapan”.Jurnal FTI-UPN ’Veteran’ JawaTimur. 2012.

Handoyo.“Evaluasi Tingkat Fleksibilitas Supply Chain”.MajalahIlmiahUniversitas Pembangunan Nasional Veteran JawaTimur, Surabaya. 2011.

Hanugrani, Nikita, dkk. “PengukuranPerformansi Supply Chain denganMenggunakan Supply Chain Operation Reference (SCOR) Berbasis Analytical Hierarchy Procces (AHP) dan Objective Matrix (OMAX)”. 2013

Kusuma, ParamaTirta. W. W, dkk. “PerbaikanKinerja Supply Chain Pabrik Keripik Singkong Berdasarkan Analisis Product Availability”.Jurnal Agritech. Vol. 30, No. 2, Mei 2010.

Paul, John. “Transformasi Rantai Suplai Dengan Metode SCOR”. PPM, Jakarta. 2014.

Pujawan, I Nyoman.“Supply Chain Management”.GunaWidya, Surabaya. 2005.

Siahaya, Willem. “Sukses Supply Chain Management Akses Demand Chain Management”.In Media, Jakarta. 2013.

Suharto, Regina, danDevie. “AnalisaPengaruh Supply Chain Management terhadapKeunggulanBersaingdanKinerjaPabrik ”. Business Accounting Review.Vol. 1. No 2, 2013.

Suliantoro, Hery, danDewiNugrahani.“Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Supply Chain dengan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard-Analytical Network Process (BSC-ANP) di PT. Madubaru Yogyakarta”.Prosiding SNST Ke-6. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id