Evaluasi dan Perbaikan Sistem Kerja guna Meningkatkan Kapasitas Produksi (Studi Kasus: CV. Fadhil Kaca)

Nofirza Nofirza, Putri Alvitha, anwardi anwardi, Tengku Nur Ainun

Abstract


         CV. Fadhil kaca adalah usaha kecil yang memproduksi berbagai jenis perabotan rumah tangga berbahan dasar aluminium, khususnya lemari kaca. Permasalahan awkward posture karena tidak kondusifnya kondisi lingkungan kerja di CV. Fadhil kaca, mengakibatkan terjadinya berbagai waste dalam produksi sehingga jumlah produksi tidak optimal dan permintaan pelanggan tidak terpenuhi. Tujuan dalam penelitian ini adalah efisiensi sistem kerja dari segi postur kerja dan tata letak penempatan peralatan kerja, sehingga dapat diperoleh target ideal dalam produksi lemari kaca. Evaluasi dilakukan berdasarkan 10 phsycal ergonomics principles dan membangun classification tree concept untuk menemukan solusi yang tepat dalam memecahkan masalah di lantai produksi. Hasil evaluasi memperoleh beberapa tindakan perbaikan yang dilakukan pada lantai produksi yaitu: pengurangan elemen kerja pada Standard Operation Procedure (SOP) berdasarkan urutan proses, perancangan dan pembuatan beberapa alat bantu seperti bangku kerja, dan alat bantu penerangan, serta pemindahan stasiun kerja pemotongan yang memangkas aktifitas bolak balik operator. Hasil perbaikan memperoleh efisiensi waktu kerja sebesar 40% dan meningkatkan kapasitas produksi/target produksi ideal yaitu sebesar 76%. Berdasarkan penelitian ini diharapkan CV Fadhil dapat memenuhi permintaan pelanggan sekaligus mencegah terjadinya lost profit opportunity dimasa yang akan datang.

 


Full Text:

PDF

References


Atmoko T., “Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah”, Available at e-dokumen.kemenag.go.id. Diakses pada tanggal 08 Desember 2017.

Anugrah G., Rispianda., dan Helianty Y., “Usulan Perbaikan Sistem Kerja dengan Pendekatan 10 Phsycal Ergonomics Principles di Bengkel Sepatu Cibaduyut”, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Vol.1 No.2, ISSN2338-5081, Bandung, 2013. Available at jurnalonline.itenas.ac.id. Diakses pada tanggal 08 Desember 2017.

Nugraheni, R, EP A., dan Budiatmo, A., “Pengaruh Standar Operasional Prosedur dan Pengawasan terhadap Kinerja Pramuniaga Pasaraya Sriratu Pemuda Semarang”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro, Semarang, 2014. Available at eprints.undip.ac.id. Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Oesman T, I., Yusuf M., dan Irawan L., “Analisis Sikap dan Posisi Kerja pada Perajin Batik Tulis di Rumah Batik Nakula Sadewa, Saleman”, Jurnal Seminar Nasional Ergonomi, ISBN978-602-17085-0-7, Yogyakarta, 2012. Available at epository.akprind.ac.id. Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Rahayu R., Aji T., dan Perdana R, Y., “Perhitungan Waktu Baku Proses Loading dan Unloading Pada Distribusi Raskin” Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2014. Available at digilib.uin-suka.ac.id. Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Sarvia E., dan Eliyani., “Analisis Perbaikan Sistem Kerja Untuk Peningkatan Kapasitas Produksi Dilihat dari Aspek Ergonomi”. Jurnal Integra Teknik Industri Vol.3, No.1, Hal 25-42, Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 2013. Available at majour.maranatha.edu. Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Simanjuntak A, R., dan Hernita D., “Usulan Perbaikan Metode Kerja Berdasarkan Micromotion Study Dan Penerapan Metode 5s Untuk Meningkatkan Produktifitas”. Jurnal Teknologi Vol.1, No.2, Hal 191-203, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, Yogyakarta, 2008. Available at jurtek.akprind.ac.id. Diakses pada tanggal 07 Desember 2017.

Sukania W., Widodo L., dan Natalia D., “Identifikasi Keluhan Biomekanik dan Kebutuhan Operator Proses Packing di PT. X”, Jurusan Teknik Industri, Universitas Tarumanegara, Bandung, 2012. Available at journal.untar.ac.id. Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Sutalaksana., “Teknik Tata Cara Kerja”, Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, Bandung, 1979.

Sutanto A., “Pengembangan Aplikasi @Weblan Untuk Perhitungan Waktu Standar pada Proses Perakitan Manual”. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Padang, 2010. Available at mesin.ft.unand.ac.id, Diakses pada tanggal 09 Desember 2017.

Wignjosoebroto, Sritomo., “Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja”. Guna Widya, Surabaya, 2006.

Wijaya A., dan Andrijanto., “Perbaikan Sistem Kerja Untuk Meningkatkan Efisiensi Waktu Produksi Di PT. Berdikari Metal Engineering Pada Departemen Press”, Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha, Bandung, 2014. Available at majour.maranatha.edu. Diakses pada tanggal 16 Desember 2017.

Winata, Vania S., “Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) pxada Chocolab”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol.1, No.1, Fakultas Ekonomi Universitas Ciputra, Surabaya, 2016. Available at eprints.undip.ac.id. Diakses pada tanggal 07 Desember 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id