Evaluasi Kinerja Pengelolaan Customer Care Center (C3) Menggunakan Framework COBIT 4.1

mega wati

Abstract


Makalah ini membahas tentang Evaluasi Kinerja Pengelolaan Customer Care Center (C3) di Pusat Teknologi Informasi Dan Pangkalan Data (PTIPD) Uin Suska Riau menggunakan Cobit 4.1. Berdasarkan wawancara di C3 tentang kinerja TI terdapat permasalahan diantaranya tidak terintegrasinya kerangka kerja organisasi secara efektif, penyelesaian laporan kinerja yang tidak tepat waktu, kurangnya monitoring dari pimpinan terhadap kinerja TI, dan belum mengukur atau melakukan pemantauan terhadap pengendalian internalnya. Domain yang digunakan Monitoring and Evaluate (ME) yaitu pada proses Pengawasan dan Evaluasi Kinerja TI (ME1) dan Pengawasan dan Evaluasi Kontrol Internal (ME2). Teknik pengambilan sampel menggunakan diagram RACI (Responsible, Accountable, Consulted and Informed) sebanyak 3 orang. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data menggunakan software Cobit Maturity Level Calculation. Pengelolaan kinerja TI C3 Uin Suska Riau pada saat ini (as is) berada pada level 2 yaitu Repeatable but intutitive dan kondisi yang diharapkan (to be) berada pada level 4 yaitu Manage and measurable. Agar proses menjadi lebih baik maka diberikan tindakan berupa usulan perbaikan untuk setiap proses.

 

Kata kunci : Cobit, Evaluasi, Maturity Level, ME, RACI.


Full Text:

PDF

References


Referensi

Jurnal:

Megawati, Dan Fauzi Amrullah. “Evaluasi Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Model Maturity Level Cobit 4.1 (Studi Kasus Pt. BRI Cabang Bangkinang).” Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, Vol. 12, No. 1, 2014.

Megawati, dan Mentari Tri Indah Rahmayani. “Evaluasi Pengelolaan Website Uin Suska Riau Berdasarkan Framework Cobit 4.1.” Eksplora Informatika, 2015.

Buku:

IT Governance Based On Cobit® 4.1 A Management Guide. Usa, 2007.

Institute, IT Governance. Cobit® Student Book. Usa, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id