Pembangunan Aplikasi Multimedia Sebagai Media Analisa Kesiapan Kerja Lulusan Perguruan Tinggi Pada Sektor Perbankan Syariah

Aulia Fitrul Hadi, Pradani Ayu Widya Purnama, Sepsa Nur Rahman

Abstract


Di dunia perbankan, penerimaan karyawan baru penuh dengan banyak keraguan dan pertimbangan. Hal ini disertai dengan kondisi kesiapan pekerjaan lulusan universitas yang saat ini tidak efektif, misalnya di banyak bagian layanan pelanggan masih banyak yang belum tahu bagaimana menjadi layanan pelanggan yang baik, sehingga HRD harus melakukan lebih banyak pelatihan untuk rekrutan baru.  biaya yang panjang dan substansial untuk pelatihan. Dalam hal ini multimedia memungkinkan calon lulusan perguruan tinggi untuk belajar terlebih dahulu tentang dasar-dasar pengetahuan yang ada di perbankan. Pengguna dapat melihat foto, memindahkan video, atau animasi, dan mendengar suara stereo, dan rekaman suara, atau musik. Dengan elemen multimedia ini, multimedia interaktif diharapkan dapat membantu calon lulusan perguruan tinggi dengan mudah dan praktis mempelajari konsep sains. Dengan kemajuan teknologi yang tersedia, media informasi bukan hanya manual dan manual, tetapi kemudian beralih ke multimedia digital. Penelitian ini menggunakan konsep multimedia dengan menggunakan aplikasi pendukung seperti Adobe Flash yang dapat membantu penciptaan pengetahuan dan pelatihan media berbasis multimedia. Dan hasil dari pembangunan aplikasi ini menunjukan 69 persen mempengaruhi kualitas seleksi calon karyawan baru di sektor perbankan syariah.


Full Text:

PDF

References


Moore, R., Lopes, J., 1999. Paper templates. In TEMPLATE’06, 1st International Conference on

Binanto. I. (2010). Multimedia Digital, Dasar Teori dan Pengembangannya. Andi : Yogyakarta.

Bimantoro, L. (2011). Visualisasi Rasi Bintang Berbasis Multimedia, Fakultas Sains dan Teknologi, Jakarta

Ghifani Muhammad Al dan luqman Hakim Handoko dan Endang Ahmad Yani, (2015).“Analisis Kinerja Perbakan Syariah Di Indonesia Dan Malaysia Dengan Pendekatan Maqashid Indeks”. Volume 3. No 2.

Maryati sri dan Bambang Eka Purnama (2013). “Pembuatan Vidio Profile Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Polokarto Kabupaten Sukoharjo Dengan Menggunakan Komputer Multimedia”. Volume 5 No 1-2013.

Nengsih Novia, (2015). “Peranan Perbankan Syariah Dalam Mengimlementasikan Keuangan Inklusif Di Indonesia”. Volume 14 (2).

Nurdin Ardiansyah, (2013). “Multimedia Flash 8”. Jakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Eresha.

Novaliendry Dony (2013). “Aplikasi Game Geografi Berbasi Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO”. Vol. 6 No. 2 September 2013, ISSN : 2086-4981.

Sutopo, Ariesto Hadi. (2003). “Multimedia Interaktif dengan Flash. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Sofyan, A. F., & Purwanto, A. (2008). Digital Multimedia. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id