ANALISA PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP TITIK EMBUN, JARAK PANDANG, KECEPATAN ANGIN, DAN CURAH HUJAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA

Azhiah Putri, Yogi Syafrialdi, Mustakim Mustakim

Abstract


Cuaca dalam Penerbangan adalah cuaca yang diperuntukan khusus unutk dunia penerbangan, baik untuk saat lepas landas, mendarat maupun selama penerbangan. Setiap akan memulai suatu penerbangan, baik untuk rute yang panjang ataupun untuk rute yang pendek sekalipun, pilot (penerbang) akan mengadakan evaluasi tentang keadaan cuaca yang diperoleh dari Badan Meteorologi setempat, bandar udara pemberangkatan (departure station) sepanjang rute yang dilalui ataupun bandara tujuan penerbangan (destination station). Bandar udara Sultan Syarif Kasim II yang merupakan pintu gerbang utama bagi angkutan udara di Kota Pekanbaru, dimana bandara ini memiliki peranan strategis dalam pelayanan jasa angkutan transportasi domestik dan regional. Bandara ini juga menjadihome-base bagi Skuadron Udara 12 TNI AU. Oleh karena itu perlu dilakukan analisa regresi linier berganda dimana akan melihat apakah ada pengaruh Temperatur Terhadap titik embun, jarak pandang, keepatan angin, dan curah hujan.


Full Text:

PDF

References


Apriantoro, Y. (2010). Analisa Pengaruh Cuaca Terhadap Perubahan Elektris PLN Untuk Perkiraan Peyediaan Beban Harian Pada Wilayah Jakarta Banten. Skripsi, 35.

Nurmahaludin. (2014). Analisis Perbandingan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Dan Regresi Linier Berganda Pada Prakiraan Cuacah. Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No. 2 : 102-209.

Budiman Dan Artesya. (2015). Aplikasi Data Mining Menggunkan Multiple Linear Regression Untuk Pengenalan Pola Curah Hujan. Kalimantan Selatan: Kumpulan Jurnal, Ilmu Komputer (KLIK). Vol. 02, No.01.

Reza, N. G. (2016). Menentukaan Estimasi Produktivitas Tanaman Sawit Menggunakan Algoritma Regresi Linier Berganda. Proposal Kerja Praktek, 1.

Fadholi, A. (Vol 3 No 1, Juni 2013). Study Pengaruh Suhu Dan Tekanan Udara Terhadap Operasi Penerbangan Di Bandara H.A.S. Hananjoeddin Buluh Tumbang Belitung Periode 1980-2010. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (Jpfa), 2.

] Kusrini, E. T. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: C.V Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id