Perancangan Aplikasi Sistem Pernapasan Manusia pada Mata Pelajaran IPA di Kelas 5 SDN 007 Tanjung Palas Timur, Kalimantan Utara

Yasin Efendi, Anung YS, Saipul Anwar, Rushendra Rushendra, maniah Aliat5, Miftahul Huda

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi saat ini terus membuka berbagai alternatif baru
dengan berbagai penelitian yang dilakukan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin
pesat, inovasi baru dalam dunia pendidikan pun harus dimunculkan sebagai upaya untuk
menunjang media pembelajaran yang lebih efektif Demikian pula pada tingkat Sekolah Dasar,
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran penting
karena diujikan pada Ujian Nasional (UN). Mengingat pentingnya mata pelajaran tersebut, maka
dibutuhkan sebuah alternatif baru untuk menunjang media pembelajaran agar pembelajaran
lebih optimal. Walaupun media pembelajaran yang digunakan saat ini telah ada, namun belum
maksimal. Sehingga perlu dilakukan pengembangan guna menciptakan media pembelajaran
yang lebih efektif. Metodologi yang digunakan yaitu analisa dan pengembangan yang
terstruktur mulai dari menganalisa sistem berjalan sampai dengan sistem yang diusulkan
menggunakan UML. Hasil akhir yang dicapai dari penulisan ini yaitu terbentuknya suatu
prosedur sistem menggunakan UML. Selain itu, dihasilkan pula rancangan aplikasi
menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang merupakan teknologi interaktif yang
mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time.Terbentuknya
rancangan aplikasi pembelajaran ini diharapkan dapat mengoptimalkan pembelajaran mata
pelajaran IPA tentang Sistem Pernapasan pada Manusia untuk siswa kelas 5 SD di SDN 007
Tanjung Palas Timur

Full Text:

PDF

References


[ 1 ] Asyhar, Rayandra.Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP)

Press Jakarta. 2011.

[ 2 ] B. Arya Pranata, A. KurniawanPamoedji, R. Sanjaya. MudahMembuat Game dengan Unity 3D.

Jakarta: AlexmediaKomputindo. 2015.

[ 3 ] Cashman, S., & Vermaat. Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer FUNDAMENTAL

(3th ed.). Jakarta: Salemba Infotek. 2009.

[ 4 ] Fernando, M.Membuat Aplikasi Android Augmented Realitymenggunakan Vuforia SDK dan Unity.

Manado: Buku AR Online. 2013.

[ 5 ] Irawan. Java Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom. 2008.

[ 6 ] Priyono, & Titik Sayekti. Ilmu Pengetahuan Alam 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian

Pendidikan Nasional. 2010.

[ 7 ] PujoLaksono, N. ZalinsAdekory. Seamolec Blender Ghanesa (SBG).NiragaStudio forEdunimation.

[ 8 ] Rasio Henim, Silvana. Rancang Bangun Komik Augmented Reality Interaktif dengan Accelerometer

sebagai Interaksi Pengguna. Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung. 2013.

[ 9 ] Rizal Muhammadi, R. Bikin Gambar 3D Keren Dengan Blender, Mediakon. 2014.

[ 10 ] Safaat, Nazruddin.Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android.

Bandung: Penerbit Informatika. 2010.

[ 11 ] Afrin Gutawa, UML (unfied modeling language)

http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=12969, Diakses 25 Mei 2015.

[ 12 ] Azzahra, Pengenalan Augmented Reality Android.

http://maxiandroid.blogspot.com/2012/04/pengenalan-augmented-reality-android.html,Diakses

tanggal 04 mei 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id