IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI KENAIKAN PANGKAT DOSEN DAN PEGAWAI DI UIN SUSKA RIAU (Studi Kasus : Fakultas Sains dan Teknologi)

Idria Maita, Arini Hardyanti

Abstract


Kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian pegawai negeri sipil (PNS) terhadap Negara. Dosen dan pegawai sebagai bagian dari PNS memiliki kenaikan pangkat yang berbeda. Kenaikan pangkat dosen berdasarkan angka kredit yang diperoleh, sedagkan kenaikan pangkat pegawai berdasarkan jangka waktu tertentu setelah kenaikan pangkat terakhir yang dimiliki. Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA), khususnya pada Fakultas Sains dan Teknologi belum terdapat sebuah sistem informasi yang dapat mengolah proses kenaikan pangkat dosen dan pegawai. Hal ini dikarenakan user masih terbiasa menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word, sehingga proses pengolahan data kenaikan pangkat untuk dosen dan pegawai menjadi lambat. Oleh karena itu dibuatlah sebuah aplikasi sistem informasi kenaikan pangkat dosen dan pegawai yang memberikan penyelesaian terhadap masalah yang ada. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini dapat mempermudah dan mempercepat pengisian dan penghitungan angka kredit dosen dalam setiap komponen Tri dharma Perguruan Tinggi. Serta mempermudah pegawai mendapatkan informasi kenaikan pangkat yang akurat, relevan dan tepat waktu.
Kata kunci : Angka kredit, dosen, pegawai.

Full Text:

PDF

References


Al Fatta, Hanif. “Analisis & Perancangan Sistem Informasi”. ANDI, Yogyakarta. 2007.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. “Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar”. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. 2009.

Fathansyah. ”Basis Data edisi 6”. Informatika, Bandung. 2007.

Kadir, Abdul. ”Dasar Pemrograman Web Menggunakan PHP”. ANDI, Yogyakarta. 2008.

Karlina, Sri. ”Perancangan Sistem Informasi Usulan Kenaikan Pangkat dan Jabatan Fungsional Dosen”. Jurnal informatika, Vol.7, No.1. Juni 2007.

Mulyanto, Agus. “Sistem Informasi Konsep & Aplikasi”. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. 2009.

Simarmata, Janner. “Rekayasa Perangkat Lunak”. ANDI, Medan. 2009.

http://bkd.dumaikota.go.id/, diakses tanggal 28 November 2010.

http://dikti.go.id/, diakses tanggal 28 November 2010.

http://id.wikipedia.org/, diakses tanggal 01 April 2011.

http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2010/12/15/black-box-testing-decission-table-testing-all-pairs-testing-state-transition-table/, diakses tanggal 21 Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id