Pengembangan Model Kompetensi Peningkatan Skill Mahasiswa

Suranto Suranto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model kompetensi mahasiswa dalam rangka peningkatan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa. Model dikembangkan melalui doing (praktik langsung) dan empowering (pemberdayaan). Langkah pengembangan meliputi: (1) desain model, desain instrumen angket, dan validasi terhadap model, dengan pengukuran goodness of fit; (2) ujicoba model untuk mengukur efektifitas kerja model. Validasi model diambil 40 mahasiswa yang mendapat perlakuan doing dan empowering dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan angket. Data dianalisis melalui konsep SEM (Structural Equation Modeling). Metode yang digunakan dalam ujicoba lapangan adalah eksperimen semu, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretest-posttest control group design). Subjek ujicoba sebanyak 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika kelas reguler yang dikenai program kompetensi disebut kelompok eksperimen dan 20 mahasiswa pada program studi teknik informatika komputer kelas mandiri disebut sebagai kelompok kontrol yang tidak dikenai program kompetensi. Data dianalisis menggunakan t-test untuk mengetahui perbedaan secara signifikan perilaku kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil penelitian pengembangan model kompetensi ini dinyatakan valid sesuai nilai Probability (p) 0.0781, Goodness of Fit Model (GFI) 0.8265, Adjusted Goodness of Fit Index (AGFI) 0.8760, Comparative Fit Index (CFI) 0.9838, dan Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA) 0.0570. Model ini dinilai efektif karena mampu meningkatkan kompetensi keterampilan mahasiswa. Hasil analisis konfirmatori (CFA) menunjukkan bahwa setiap variabel laten terbukti dibentuk oleh manifest-manifes satu dimensi. Model diterapkan memiliki dampak kecenderungan positif dalam rangka peningkatan keterampilan mahasiswa, setelah mendapat perlakuan program kompetensi. Variabel laten capaian hasil keterampilan direfleksikan oleh manifes: (1) siap kerja, (2) mandiri berwirausaha, (3) keterampilan manajerial, (4) kompetensi lulusan, (5) indeks prestasi, (6) mental kreatif dan inovatif.
Kata kunci: kompetensi, keterampilan, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Buku Teks: [1]. Anderson, L. Creative Writing: A Workbook With Readings. Oxfordshire: Routledge. Abington. 1995: 139.

. Barlow, M. L. The Philosophy For Quality Vocational Education Programs. Washington DC: The American Vocational Association, Inc. 1974: 42.

. Borg, W.R., & Gall, M.D. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. 1983: 772.

. Cernea., M. M., & Tepping. B.J. 1977. A System Of Monitoring And Education Of Agricultur Extension Project World Bank Staff Working Paper. New Jersey: Hoboken Inc. 1977:

. Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Menengah Kejuruan. 2003. Undang Undang RI No 20, Tahun 2003. Tentang Konsep Pendidikan Kecakapan Hidup.

. Faire. Knowledge-Driven Entrepreneurship: The Key To Social And Economic Transformation. Springer. New York: Dordrecht Heidelberg. 1973: 12.

Jurnal

. Deccache, A., Isabelle, A., William, D. Patient Empowerment In Theory And Practice: Polysemy Or Cacophony. Journal Patient Education and Counseling, 2007: Vol 66, No 13. page 16-20.

. Suranto. Analisis Perbedaan Mental Wirausaha Mahasiswa Dengan Non Parametrik, Jurnal Industri Vol 09. No 2. Desember 2010, pp 7-14.

Prosiding

. Djam’an, Satori. 2004. Implementasi Life Skills dalam Konteks Pendidikan di Sekolah. UNIMED. 2004: 1-8

Disertasi

. Suranto, Pengembangan Model Inkubator Peningkatan Kemandirian Wirausaha Mahasiswa. Disertasi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta. 2012.

. Guek, W. The Personal Activity By Means By Which The Enerprise Determines The Exent To Which The Employee Is Performing The Job Activity. New York USA: New Graw Hill. 1978: 56.

. Isaac, S., & Michael., William. B. Handbook In Research And Evaluation. California USA: Second edition. Ohio. 1983: 10. [9]. Kalantaridis, C. 2004. Understanding The Entrepreneur: An Institutionalist Perspective. Burlington USA: Ashgate Publishing Company. 2004: 146. [10]. Rafa, R. G. Great Networking Skills. New York USA: The Rosen Publishing Goup. 2007: 17.

. Setiadji. B. Bisnis Lingkungan. Surakarta. Pascasarjana UNIBA. 2008: 83.

. Sugiyono. Penelitian pengembangan R & D. Bandung: Alfabeta. 2005: 73.

. Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Kompetensi dan Praktiknya. Bandung: Bumi Aksara. 2003: 79.

. Suranto. Pendidikan Berbasis Competency Based Training. Semarang. Aneka Ilmu. 2009: 56-58.

. Suranto. Entrepreneurship incubator increase independence students. Seminar International. ICVET Juni 2012. Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Page 83-87

. Tyler. Basic Principal Of Curriculum And Instruction. Chicago: University of Chicago. 1949: 69.

. Wijaya. T. Analisis Structural Equation Modeling, Menggunakan AMOS. Yogyakarta: Atma Jaya Press. 2010: 8-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id