Perbaikan Kualitas Produk Velg Racing TL 1570 Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process & Design Of Experiment pada Proses Casting
Abstract
Produk Alumunium Wheels Alloys atau yang biasa disebut velg racing adalah produk yang digunakan
pada kendaraan roda empat. Bahan baku yang digunakan adalah Alumunium Alloy dengan standar dan
komposisi khusus. Kualitas produk velg racing ini merupakan hal yang penting, namun pada proses
pembuatannya masih terdapat kecacatan produk. Penelitian tentang kualitas produk ini dilakukan di PT Uni
Alloyindo Prima dan produk yang diamati adalah Velg Racing TL-1570. Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh penurunan tingkat kecacatan produk Velg TL-1570 pada proses casting. Pengolahan data pada
penelitian ini menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Design Of Experiment (DOE). Berdasarkan
hasil pengamatan dan analisa menggunakan diagram pareto, diketahui bahwa jenis cacat yang paling dominan
adalah pin hole atau kebocoran pada permukaan velg. Faktor penyebab cacat pin hole diidentifikasi dan
dianalisa dengan AHP, diperoleh tiga faktor yang paling berpengaruh yang menyebabkan jenis cacat pin hole
adalah suhu, waktu, dan tekanan. Perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mencari angka optimum
untuk suhu, waktu, dan tekanan mesin Low Pressure Die Casting. Berdasarkan hasil DOE dengan metode 2
pangkat 3 diperoleh setting level optimum untuk faktor suhu adalah 7000C, waktu 9 menit dan tekanan 17 psi.
Kata Kunci: Analytic Hierarchy Process, design of experiment, level optimum, velg racing,
pada kendaraan roda empat. Bahan baku yang digunakan adalah Alumunium Alloy dengan standar dan
komposisi khusus. Kualitas produk velg racing ini merupakan hal yang penting, namun pada proses
pembuatannya masih terdapat kecacatan produk. Penelitian tentang kualitas produk ini dilakukan di PT Uni
Alloyindo Prima dan produk yang diamati adalah Velg Racing TL-1570. Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh penurunan tingkat kecacatan produk Velg TL-1570 pada proses casting. Pengolahan data pada
penelitian ini menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Design Of Experiment (DOE). Berdasarkan
hasil pengamatan dan analisa menggunakan diagram pareto, diketahui bahwa jenis cacat yang paling dominan
adalah pin hole atau kebocoran pada permukaan velg. Faktor penyebab cacat pin hole diidentifikasi dan
dianalisa dengan AHP, diperoleh tiga faktor yang paling berpengaruh yang menyebabkan jenis cacat pin hole
adalah suhu, waktu, dan tekanan. Perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah mencari angka optimum
untuk suhu, waktu, dan tekanan mesin Low Pressure Die Casting. Berdasarkan hasil DOE dengan metode 2
pangkat 3 diperoleh setting level optimum untuk faktor suhu adalah 7000C, waktu 9 menit dan tekanan 17 psi.
Kata Kunci: Analytic Hierarchy Process, design of experiment, level optimum, velg racing,
Full Text:
PDFReferences
Ariani, Dorothea Wahyu. Pengendalian Kualitas Statisik ; Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen
Kualitas. Yogyakarta. Andi. 2004
Marimin. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT Grasindo. Jakarta. 2004
Montgomery D. C. Statistical Quality Control, a Modern Introduction, 7th edition, John Wiley & Sons Inc,
United State of America. 2013
Saaty T.L. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. PT.Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta. 1991
Saaty T.L. Decision Making with the Analytic Hierarchy Process., International Journal of Services
Sciences. 2008. Volume ., hal. 83-97.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id