Skenario Seleksi Sinyal Video Jarak Jauh

Aditya R. Mitra

Abstract


Abstrak

            Dalam konteks pemilihan sinyal video yang dilakukan dari jarak jauh dan menggunakan bantuan video mixer, kontinuitas sinyal video dan transisi antara sinyal merupakan sentral dari permasalahan. Dengan menterjemahkan kedua aspek ini dalam bentuk dua skenario, tulisan ini menyajikan bahasan mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mendeteksi keberadaan sinyal menggunakan pendekatan sederhana serta ringan secara komputasi. Tepatnya, keberadaan sinyal mempengaruhi kontinuitas sinyal; sedangkan durasi tayang sinyal menentukan transisi antar sinyal. Kedua skenario yang dibangun turut memperhitungkan tingkat prioritas dan durasi tayang sinyal video, baik yang bernilai homogen atau heterogen. Sebagai simpulan, pengujian skenario yang dilakukan melalui simulasi deteksi dan seleksi menunjukkan bahwa deteksi dan penentuan sinyal kandidat berjalan dengan baik.

 

Kata kunci: seleksi sinyal video, jarak jauh, skenario

 


Full Text:

PDF

References


Referensi

Bendris M, Charlet D, Chollet G. Lip Activity Detection For Talking Faces Classification In TV-Content. The 3rd International Conference on Machine Vision (ICMV 2010). 2010; 187-190

Siatras S, Nikolaidis N, Krinidis M, Pitas I. Visual Lip Activity Detection and Speaker Detection Using Mouth Region Intensities. IEEE Transactions on Circuits and Systems for Video Technology. 2009; 19(1): 133-137.

Zettl H. Switching, or Instantaneous Editing. Dalam: Judd K, Halsey C. Television Production Handbook. Edisi 10. California:Cengage Learning; 2009: 268-282.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id