Pengenalan Jenis Khat Huruf Hijaiyah Tunggal Menggunakan Metode Template Matching

Nining Erlina, Febi Yanto

Abstract


Pengenalan komputerisasi karakter huruf hijaiyah masih perlu diteliti. Karakter huruf hijaiyah mempunyai banyak jenis huruf yang memiliki bentuk cita rasa seni dan keindahan yang bisa dinikmati saat ini. Tidak semua jenis huruf hijaiyah dapat dikenali oleh semua orang dikarenakan bentuk yang rumit dan sulit untuk dipahami. Penelitian ini dibangun untuk mengenali jenis huruf hijaiyah tunggal berdasarkan jenis khat yang digunakan. Metode yang digunakan untuk pengenalan karakter huruf hijaiyah tunggal ini adalah metode template matching. Metode template mathing mampu mencari suatu template pada keseluruhan objek. Karakter yang diuji akan melewati fase pre-processing dan segmentasi menggunakan metode profile projection untuk memisahkan setiap karakternya. Pengujian dilakukan terhadap 79 karakter huruf hijaiyah tunggal dari media internet dan 147 karakter huruf hijaiyah tunggal dari software kelk menghasilkan persentase keberhasilan huruf benar dan khat benar 85.3982%, huruf benar khat salah 4.8673%, huruf salah dan khat benar 4.8673%, huruf salah dan khat salah 4.8673%. Kesimpulan pengujian menunjukan bahwa metode template matching mampu mengenali jenis huruf hijaiyah berdasarkan jenis huruf yang digunakan dengan persentase akurasi keberhasilan yang tertinggi adalah 85.398%.
Kata kunci: pengenalan karakter, profile projection, software kelk, template matching

References


Anggraini. Keumala. 2012. Penerapan Metode Learning Vector Quantization Untuk Pengenalan Karakter Huruf Hijaiyah. Skripsi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru: tidak diterbitkan.

Fatmawati, Umi. 2014. Pengenalan Pola Karakter Pada Tulisan Multi Line Berbasis Learning Vector Quantization. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM ).

Kadir, Abdul dan Adi Susanto. 2012. Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi. [4] Mabrur, Andik. 2011. Pengolahan Citra Digital Menggunakan MATLAB. Tulung agung

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital. E-book : akses 25 Januari 2016.

Pamungkas, Tri T, R. Rizal Isnanto, dan Ajub Ajulian Zahra. 2014. Pengenalan Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Metode Template Matching dan Jarak Canberra. Teknik Elektro Undip, Semarang.

P, Tacbir Hendro, Agus Komaruddin, dan Dila Fadhilah. 2012. Pengenalan Pola Huruf Arab menggunakan Jaringan Saraf Tiruan dengan Metode Backpropagation. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM).

Puri, Retno Wahyu Asrining. 2010. Pengenalan Wajah Menggunakan Alihragam Wavelet Haar dan Jarak Euclidean. Teknik Elektro Undip, Semarang.

Putra, Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sirojuddin, 2007. Koleksi Karya Master Kaligrafi Islam. Jakarta: Penerbit Darul Ulum Press.

Sutramiani, Ni Putu. 2015. Segmentasi Citra Aksara Bali Pada Lontar Menggunakan Metode Cielab dan Profil Projection.Tesis Teknik Elektro, Universitas Udayana, Denpasar.

Wahyudi, Erwin, Dedi Triyanto, dan Ikhwan Ruslianto. 2015. Identifikasi Teks Dokumen Menggunakan Metode Profile Projection Dan Template Matching. Jurnal Coding, Sistem Komputer Universitas Tanjung Pura, Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id