Analisis Kepuasan Pelanggan Ritel Online Dalam Berbelanja Berdasarkan Karakteristik Situs dengan Regresi Linear Berganda (Studi Kasus : Pelanggan Toko Online Kota Pekanbaru)
Abstract
Saat ini toko online tumbuh dengan pesat, namun tidak semua toko online saat ini yang mampu memuaskan pelanggan dan tidak semua penduduk Indonesia yang menggunakan toko online dalam berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan ritel online di Pekanbaru berdasarkan karakteristik situs pada toko online. Karakteristik situs terdiri dari variabel kemudahan, desain situs, keinformatifan, komunikasi dan keamanan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Kuesioner dibagikan ke 384 responden yang merupakan sampel yang diambil dari populasi pelanggan ritel online yang telah berbelanja lebih dari dua kali. Dari 384 sampel data yang bisa diolah hanya 369, sedangkan 15 sampel tidak bisa digunakan karena datanya kritis dan outlier. Penelitian ini memiliki 5 variabel bebas dan 1 variabel terikat sehingga teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapat dari penelitian ini bahwa ke lima variabel dari karakteristik situs berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan ritel online. Masing-masing memiliki nilai t hitung > t tabel yakni 2.404, 2.242, 4.344, 3.344 dan 6.338 dengan nilai t tabel 1.648 dengan nilai signifikansi masing masing >0.05. Faktor yang paling dominan dari ke lima variabel (karakteristik situs yaitu variabel kemudahan,desain situs, keinformatifan, komunikasi dan keamanan) pada penelitian ini adalah faktor keamanan yang mendominasi 64.7% terhadap kepuasan pelanggan ritel online artinya bahwa pelanggan tersebut puas terhadap keamanan pada toko ritel online.Sedangkan koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar 0.463 dengan arti bahwa 46.3% kemudahan, desain situs, keinformatifan, komunikasi dan keamanan mempengaruhi kepuasaan pelanggan.
Kata kunci: karakteristik situs, Pekanbaru, regresi linear berganda, ritel online,
References
Referensi
Journal:
Ishak A, Analisis Kepuasan Pelanggan Dalam Belanja Online: Sebuah Studi Tentang Penyebab (Antecedents) Dan Konsekuensi (Consequents), Jurnal Siasat Bisnis, Vol 16 No 2, Juli 2012.
Marindi Pandu dan Nurwidayati Desi (2015). Hubungan antara Kepuasan Konsumen dalam berbelanja online dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa psikologi UNS, Jurnal Penelitian Psikolog
Texbooks:
Sugiyono. “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung : Alfabeta. 2015.
Turban, Efraim.,E.Potter, Richard.,Rainer, R.Kelly,Jr. 2006. Introduction To Technology, ed. Jakarta : Salemba Infotek.
Levy & Weitz, 2001. Retailing Management, 4 th edition. New York: Mc.Graw Hill, Irwin.
Thesis/Disertation:
Irawan Yossy (2015). Analisis Pengaruh Kepercayaan Terhadap Niat Beli Konsumen Pada Website E-Commerce Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurusan Sistem Informasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Mario ChristiSuyoto. 2006. “Analisis Faktor-Faktor Yang Dapat Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan untuk melakukan Online Shopping Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pengguna Online Shopping Pelanggan Makanan Kesehatan PT. Trias Sukses Dinamika di Kota Semarang)
Novy Indarsih. 2011. “Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk melakukan pembelian secara online (studi pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id