Penggunaan Heart Metrik Untuk Menganalisis Penggalaman Pengguna E-Learning

Megawati Megawati, Mhd Rey Naldi, Ayuni Fachrunisa Lubis

Abstract


Sebuah institusi pendidikan tinggi Islam negeri yang dikenal sebagai salah satu pilihan terkemuka secara global yang dikenal dengan Perguruan Tinggi XYZ. Universitas ini berdedikasi untuk menyeluruh mengembangkan ajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam konteks Islam. Perguruan Tinggi XYZ menyelenggarakan berbagai metode pembelajaran, termasuk pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Pertumbuhan pembelajaran online telah berlangsung sejak tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna pembelajaran online di Perguruan Tinggi XYZ menggunakan metode Use Heart Metrics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman pengguna dalam pembelajaran online, yang diukur menggunakan Heart Metrics, memiliki respons positif dengan nilai interval Likert berkisar antara 2,51 hingga 3,25 untuk variabel Happiness, Engagement, Adaptation, dan Task Success. Namun, tanggapan pengguna terhadap variabel Retensi mendapat nilai yang relatif rendah, berkisar antara 1,76 hingga 2,50. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa dari 13 pertanyaan indikator dalam survei, ada 5 pertanyaan yang memiliki nilai rata-rata yang rendah. Karena itu, beberapa tantangan masih dihadapi oleh pengguna saat menggunakan E-Learning, dan perbaikan diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan kualitas pembelajaran online.


Full Text:

PDF

References


M. L. Khakim and O. O. Sharif, “Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics,” eProceedings Manag., vol. 5, no. 1, 2018.

A. Chan, M. Maharani, and P. W. Tresna, “Comparison Of User Experience On Go-Jek And Grab Mobile Apps (Study On Pt Go-Jek And Pt. Grab Indonesia Consumer In Dki Jakarta),” J. AdBispreneur, vol. 2, no. 2, 2017.

O. Septian, W. A. Kusuma, and E. D. Wahyuni, “Analisis perbandingan usability dan user experience terhadap e-trust pada situs ecommerce c2c menggunakan heart dan pulse framework,” Repositor, vol. 1, no. 1, pp. 27–38, 2019.

M. D. Solviana, “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung,” Al Jahiz J. Biol. Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id