Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Pemeliharaan Arsip Keluarga dengan Metode End User Computing Satisfaction

Muhammad Nur Sarifudin, Fitriani Muttakin

Abstract


Layanan Aplikasi Pemeliharaan Arsip Keluarga merupakan suatu sistem layanan berbasis situs halaman yang diluncurkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Pekanbaru untuk memfasilitasi masyarakat dalam melakukan aktivitas kearsipan serta perawatan terhadap arsip pribadi. Suatu sistem dinyatakan berkualitas jika mampu memberikan kepuasan terhadap penggunanya. Kepuasan ini tentu memberikan dampak positif terutama dalam hal penilaian untuk peningkatan kualitas layanan. Dengan menggunakan metode End Using Computing Satisfaction, berisikan variabel isi konten, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan, dan waktu. Maka tujuan penelitian ini yakni, guna mengukur tingkat kepuasan pengguna sistem LAPAK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 70 responden pengguna sistem. Berdasarkan hasil yang dianalisis, diterimalah 2 hipotesis yakni Isi dan Waktu. Sedangkan 3 hipotesis lainnya yang ditolak yaitu Akurasi, Bentuk, dan Kemudahan Penggunaan. Hasil yang diperoleh melalui analisis SEM adalah tergolong cukup baik dengan nilai korelasi R-Square sebesar 61,8% untuk variabel kepuasan pengguna.

 

Kata kunci: EUCS, kepuasan, LAPAK, SEM-PLS


Full Text:

PDF

References


E. Sorongan, H. Hilmansyah, dan H. Hadiyanto, “Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 3, no. 1, hlm. 23–28, 2019.

M. Suyanto dan Andi, Pengantar Teknologi Informasi Untuk Bisnis. Yogyakarta, 2005.

T. Sutarbi dan Andi, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta, 2012.

Marlindawati, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Perpustakaan Digital Universitas Bina Darma Palembang.” [Daring]. Tersedia pada: http://digilib.binadarma.ac.id

A. Kadir dan T. Ch, “Triwahyuni 2013.”,” Pengantar Teknologi Informasi”: Dasar Sistem Komputer. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

Mukhlis, “Representasi Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Efektivitas Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Di Yogyakarta,” KHIZANAH AL-HIKMAH, vol. 3, no. 2, 2015.

I. Suaryana, E. Damayanthi, dan L. Merkusiwati, “Kualitas dan kepuasan pengguna terhadap sistem informasi akademik berbasis web,” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, vol. 11, no. 2, hlm. 84–90, 2016.

C. I. Nurmaini Dalimunthe, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog (Opac) Dengan Metode Eucs (Studi Kasus: Perpustakaan UIN SUSKA Riau),” Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, Feb 2016.

H. Sudibyo, “Analisis tingkat kepuasan pengguna pada penerapan sistem informasi pendidikan (DAPODIKMEN)(Studi Kasus: dindikbudpora Kabupaten Purworejo),” Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, vol. 4, no. 1, hlm. 57–71, 2017.

W. J. Doll dan G. Torkzadeh, “The measurement of end-user computing satisfaction,” MIS quarterly, hlm. 259–274, 1988.

R. Solling Hamid dan S. M Anwar, “Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian.” PT Inkubator Penulis Indonesia, 2019.

I. Irwan dan K. Adam, “Metode partial least square (PLS) dan terapannya (Studi kasus: analisis kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM unit camming kab. Bone),” Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, vol. 9, no. 1, hlm. 53–68, 2015.

I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23,” 2016.

N. Ranugalih, V. M. Riyadie, dan S. Heriprayoco, “Analysis and evaluation of EB connect portal in PT asuransi Jiwa sequis financial by using technology acceptance model (TAM),” dalam IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, IOP Publishing, 2020, hlm. 012169.

A. Himawan dan P. Lono, “Implementasi Model Eucs Dan Delone & Mclean Untuk Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi: Studi Kasus Sekolah Olifant Yogyakarta,” Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM), vol. 3, no. 2, hlm. 126–135, 2022.

M. M. Arpan, F. N. Salisah, I. Maita, dan F. Muttakin, “Evaluasi Tingkat Keberhasilan E-Learning Smart Campus Menggunakan Metode Hot Fit,” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 4, no. 2, hlm. 1–9, 2023.

M. A. Nugroho, D. Setyorini, dan B. T. Novitasari, “The role of satisfaction on perceived value and e-learning usage continuity relationship,” Procedia Comput Sci, vol. 161, hlm. 82–89, 2019.

U. Sekaran dan R. Bougie, Research methods for business: A skill building approach. john wiley & sons, 2016.

A. Lattu dan W. Jatmika, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan E-Learning Dengan Metode Tam Dan Eucs,” Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), vol. 4, no. 1, hlm. 39–50, 2022.

A. R. Asmar, W. Setialaksana, F. Firdaus, dan A. S. Miru, “Model Struktural Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce,” Investama: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 9, no. 1, hlm. 31–48, 2023.

B. S. Arisoemaryo dan R. T. Prasetio, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Jamsostek Mobile Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, vol. 4, no. 1, hlm. 110–117, 2022.

F. Muttakin, D. D. Aprillia, dan M. Kumalasari, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 3, no. 3, hlm. 300–308, 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id