Penurunan Defect Produk Cacah Plastik dengan Implementasi Quality Control Circle

Siti Rohana Nasution, Daffa Raihan Dharmawan2, Nanang Alamsyah, Lilik Zulaihah, Armansyah Armansyah

Abstract


Quality control circle adalah suatu sistem yang efisien untuk mengokordinasikan kegiatan-kegiatan dalam pengembangan dan pemeliharaan suatu perusahaan terhadap mutu suatu produk guna menghasilkan barang yang bermutu tinggi. Pengendalian kualitas merupakan salah satu hal krusial yang patut diperhatikan guna menjaga kualitas produk sehingga dapat memenuhi kepuasan pelanggannya. Tujuan dilakukan implementasi Perbaikan proses dengan pendekatan QCC ini yaitu melakukan identifikasi mengenai peningkatan kualitas pada produk cacah plastik, serta cara menghasilkan usulan peningkatan kualitas untuk mengurangi reject penjualan pada produk cacah plastik. Metode Quality Control Circle dilakukan dengan pendekatan PDCA (plan, do, check, action) serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab dengan Fault Tree Analysis. Faktor penyebab rejec produk adalah terkontaminasi hasil cacah plastic dengan lemak-lemak atau kotoran lainnya. Eksperimen untuk penurunan reject dengan menambahkan bahan tambahan soda api 75 gr, 100 gr dan 125 gr produksi/perhari pada saat proses di bak pencucian Dari improvement tersebut hasil terbaik didapatkan dengan penambahan 125 gr/perproduksi perhari.


Full Text:

PDF

References


Alfatiyah, R. (2019). Analisis Kegagalan Produk Cacat Dengan Kombinasi Siklus Plan-Do-Check-Action (Pdca) Dan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea). Teknologi : Jurnal Ilmiah Dan Teknologi, 2(1), 39.

Ekoanindiyo, F. A., Yohanes, A., Prihastono, E., & Hayati, E. N. (2021). Pendekatan Metode Fault Tree Analysis Dalam Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Produktifitas. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 7(1), 20–25. https://doi.org/10.33884/jrsi.v7i1.4456

Ferdiana, T., & Priadythama, I. (2016). Analisis Defect Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Berdasarkan Data Ground Finding Sheet (GFS) PT. GMF AEROASIA. Prosiding Seminar Nasional Industrial Engineering Conference (IDEC) 2016.

Haryadi. (2018). Analisa Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Jumlah Cacat Produk Dari Proses Cutting dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Pada PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBINA). Program Studi Teknik Industri Universitas Mercu Buana, 1–66.

Haryanto, E. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bos Rotor Pada Proses Mesin Cnc Lathe Dengan Metode Seven Tools. Jurnal Teknik, 8(1). https://doi.org/10.31000/jt.v8i1.1595

Perusahaan Akuna. Performa, 4(3), 416–424. https://doi.org/10.37715/jp.v4i3.1654

Kartika, W. Y., Harsono, A., & Permata, G. (2016). Usulan Perbaikan Produk Cacat Menggunakan Metode Fault Mode and Effect Analysis dan Fault Tree Analysis Pada PT. Sygma Examedia Arkanleema. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 4(1), 345–356.

MAYANGSARI FITRIA DIANA, ADIANTO HARI, & YUNIATI YOANITA. (2015). Usulan Pengendalian Kualitas Produk Isolator Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Dan Fault Tree Analysis (Fta). Teknik Industri Nasional Bandung, 3(2), 81–91.

Riadi, S., & Haryadi, H. (2020). Pengendalian Jumlah Cacat Produk Pada Proses Cutting Dengan Metode Quality Control Circle (Qcc) Pada Pt. Toyota Boshoku Indonesia (Tbina). Journal Industrial Manufacturing, 5(1), 57. https://doi.org/10.31000/jim.v5i1.2433

Rinayanti, E.(2020). Analisis Manajemen Pengendalian Kualitas Produk dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) pada CV. Klanceng Kudus. Molucca Medica, 11(April), 13–45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id