Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja Menggunakan Metode SWIFT (Structured What If Analysis Technique)

Rika Taslim, Fiki Yudistia, Muhammad Ihsan Hamdy

Abstract


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan hal yang harus dipenuhi oleh penyelenggara kerja. Selain untuk menjaga keselamatan pekerja, juga untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. PT. Indah Kiat Pulp and Paper merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang pembuatan kertas dan tissue. Kegiatan produksi dimulai dari pengolahan kayu menjadi lembaran kertas serta  pengolahan kertas bekas menjadi kertas industry. Perusahaan telah SMK3, namun masih terdapat kecelakaan kerja yang cukup tinggi dikarenakan kurangnya kesadaran pekerja terhadap penggunaan alat pelindung diri. Untuk mengetahui seberapa besar nilai risiko bahaya dilakukan observasi dan wawancara untuk mengetahui papararan bahaya pada kegiatann di area kerja dan memberikan usulan perbaikan terhadap stasiun kerja untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja dengan menggunakan metode SWIFT (Structured What If Technique). Berdasarkan nilai RRN yang telah didapat, potensi bahaya yang diketahui dengan risiko tertinggi hingga risiko terendah. Setelah itu dilakukan pengelompokan bahaya kemudian didapatkan 6 prioritassutama, 8 prioritas menengah, 2 prioritas rendah dan 1 prioritas paling rendah.


Full Text:

PDF

References


Yuliandi, C. D., Ahman, E. Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Di Lingkungan Kerja Balai Inseminasi Buatan (Bib) Lembang. 2019; 18(2), 98-109.

Dewi, K. Editors. Failure in Safety Systems : Metode Analisis Kecelakaan Kerja. Zifatama Juwara. 2020

Edigan, F. ). Hubungan Antara Perilaku Keselamatan Kerja Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Karyawan Pt. Surya Agrolika Reksa Di Sei. Basau. 2019; 19(2), 61-70.

Salehudin, I., Siregar, D. Analisis Pengendalian Risiko K3 Produksi Botol Oli Menggunakan Metode SWIFT (The Structured What-If AnalysisTechnique) Di PT. XYZ. 2023; 2(1), 69-80

Nugroho, A.J. Rancangan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Berdasarkan Metode SWIFT. 2021; 12(1), 25-33.

Anthony, M. B. Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Pengoperasian Overhead Crane Menggunakan Metode SWIFT (Structured What If Technique) di PT. ABC. 2020; 4(1), 30-38.

Anthony, M. B. Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pengoperasian Reciprocating Compressor Menggunakan Metode Swift (Structured What If Technique) Di Pt. Abc. 2021; 11(1), 49-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id