Pengukuran Beban Kerja Mental pada Stasiun Milling yang Terdampak Penyusutan Karyawan Pasca Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode NASA-TLX

Rika Taslim, Muhammad Bayu Tesri Perdana, Muhammad Bayu Tesri Perdana, Muhammad Nur, Muhammad Nur

Abstract


Pasca pandemi Covid-19 banyak sektor-sektor perekonomian yang terdampak di Indonesia salah satunya ialah pengolahan karet setengah jadi atau crumb rubber. Hal ini juga dirasakan oleh PT. Andalas Agro Lestari perusahaan bergerak di bidang pengolahaan crumb rubber, PT. Andalas Agro Lestari harus melakukan pengurangan karyawan secara besar-besaran. Sehingga menimbulkan masalah baru bagi karyawan yakni masalah beban kerja mental dan fisik pada karyawan perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menentukan faktor yang mempengaruhi beban kerja karyawan khususnya stasiun kerja milling serta menawarkan usulan perbaikan. Penelitian kali ini menggunkan metode NASA-TLX untuk menentukan nilai beban kerja yang dialami karyawan. Hasil dari perhitungan yang dilakukan pada penelitian kali menunjukan rata-rata skor WWL adalah 73,46 dengan kategori tinggi. Setelah dilakukan perhitungan maka diketahui faktor penyebab tingginya beban kerja karyawan ialah target produksi yang tidak sesuai dengan jumlah karyawan. Beberapa saran perbaikan yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan lagi target produksi dengan jumlah perkerja dan melakukan kegiatan yang meningkat semagat kerja.


Full Text:

PDF

References


Junaedi, D., & Salistia, F. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak. Simposium Nasional Keuangan Negara. 2020. Hal 995-1115

Meliany, B. S., Syaukat, Y., & Hastuti. Struktur Pasar dan Daya Saing Karet Alam Indonesia di Amerika Serikat. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan. 2021. Vol. 15. No. 2.

Febrilliandika, B., & Nasution, A., F. Pengukuran Beban Kerja Mental Kuliah Daring Mahasiswa Teknik Industri Usu Dengan Metode NASA-TLX. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC. 2020. Nov 1-7.

Wahyudi, Mutmainah, & Puteri, A., M. Analisis Beban Kerja Untuk Mengoptimalkan Jumlah QC dengan Metode Work Load Analysis dan Nasa TLX di PT. Asianagro Agungjaya. Jurnal Integrasi Sistem Industri. 2022. Vol. 9. No. 2.

Tampi, R. J., Trang, I., & Saerang, R., T. Pengaruh Organizational Support, Komitmen Organisasi dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada PT. Taspen Cabang Manado. Jurnal EMBA. 2023. Vol. 11. No. 1

Lesmana, D. Beban Kerja Tubuh Manusia menggunakan Metode Recommended Weight Limit dan Lifting Index. Jurnal Teknologi is licensed under a Creative Commons 4.0 International License. 2022. Vol. 12. No. 1.

Yasmin, A., Karim, A., A., & Rizalmi, S., R. Analisa Beban Kerja Mental dengan NASA TLX di PT. Pertamina Hulu Sanga Sanga. Journal Of Industrial Innovation and Safety Engineering. Vol. 01. No. 01

Saputra, M. A. F., & Herwanto, D. Analisis Beban Kerja Mental Menggunakan Metode NASA-TLX pada Divisi Produksi Perusahaan Empat Perdana Carton. Jurnal Serambi Engineeting. 2022. Vol. 7. No. 1.

Diana, Y. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Housekeeping Departement Pada Hotel Bintan Lagoon Resort. Jurnal Manajemen Tools. 2019. Vol. 11. No. 2.

Hutabarat, J. Kognitif Ergonomi Aplikasi Pada Pencantingan Batik Tulis dan Supir Angkutan Kota. Malang: Mitra Gajayana. 2018: iv-250.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id