Analisis Keamanan Dan Kedisiplinan Lingkungan Kerja di Area Bleaching, Fiberline II, PT Riau Andalan Pulp and Paper Menggunakan Metode 6S

Rika Taslim, Aditya Rizky Hidayatullah, Muhammad Nur

Abstract


PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi pulp dan kertas. PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memiliki beberapa business unit seperti Riau Pulp (RPL), Riau Andalan Kertas (RAK), Riau Prima Energi (RPE) dan Riau Fiber, Salah satu Area unit Riau Pulp adalah fiberline. Fiberline merupakan tempat dilakukannya pembuatan pulp. Pada pengolahan data, data yang akan diolah adalah data primer yaitu pengamatan kondisi lingkungan kerja pada area bleaching menggunakan metode 6S, Pada area bleaching ini terdapat kondisi lingkungan kerja yang belum sesuai dengan standarisasi/ performa 6S yang telah ditetapkan. Permasalahan pertama yang ditemukan pada saat melakukan audit terdapat dua electric socket yang rusak dan tidak tertutup, permaslahan kedua ditemukannya keran yang tidak kencang, permasalahan ketiga ditemukannya suatu jadwal kegiatan yang tidak update, lalu Perofrma 6S yang ditemukan selanjutnya ialah adanya daily management dalam bentuk visual management board dan kondisi sebuah barang yang tidak terpakai masi berada di area kerja. Setelah melakukan kerja praktik dan memperhatikan segala kegiatan yang ada di PT. Riau Andalan Pulp and Paper tepatnya bleaching dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan pada area bleaching masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan keamanan serta kedisplinan dalam bekerja pada area Bleaching.


Full Text:

PDF

References


Jufrizen, J., & Rahmadhani, K. N. (2020). Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai dengan lingkungan kerja sebagai variabel moderasi. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1), 66-79.

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60-74.

Ridwan, M., Suseno, A., & Nugraha, B. (2022). Analisis Penerapan Metode 5S+ Safety pada Gudang Penyimpanan Bahan Baku di Raw Material Departement PT. XYZ. Tekmapro, 17(1).

Sihaloho, R. D., & Siregar, H. (2020). Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan Pada PT. Super setia sagita medan. Jurnal Ilmiah Socio Secretum, 9(2), 273-281.

Pangestu, A. A., & Negara, A. A. P. (2019, August). implementasi metode 5S (seiri, seiton, seiso, seiketsu, shitsuke) pada unit reaching di pt. Xyz tekstil majalengka. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 490-494).

Primaesa, Y. G., Suryadhini, P. P., & Oktafiani, A. (2021). Perancangan Aktivitas 5s Untuk Mengurangi Waste Motion Pada Proses Produksi Pelapisan Zinc Dan Nikel Barel Di Pt. asmar Nakama Partogi Dengan Pendekatan Lean Manufacturing. eProceedings of Engineering, 8(5).

Simbolon, B. R. (2019, May). Penilaian 5s Pada Lantai Produksi Pabrik Kelapa Sawit di Aceh Tamiang. In Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) (Vol. 2, No. 2).

Restuputri, D. P., & Wahyudin, D. (2019). Penerapan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Sebagai Upaya Pengurangan Waste Pada Pt X. Jurnal Sistem Teknik Industri, 21(1).

Zaki, A., Taqwanur, T., & Qurratu’aini, N. I. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI 6S (HOUSEKEEPING 5S DAN SAFETY) PADA AREA WAREHOUSE OPERATION PT. MMS. Media Mahardhika, 21(3), 523-530.

Patrianagara, P., & Riandadari, D. (2020). EVALUASI PENERAPAN SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU DAN SHITSUKE (5S) DI BENGKEL HONDA GRAHA PT. SUPREME SURABAYA MOTOR SERVICE.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id
Â