Analisis Risiko Keluhan Otot pada Aktivitas Mengemudi Bus dengan Metode HARM

Nur Fajriah, Tsaniya Barrani Faza

Abstract


Pada umumnya, masalah gangguan muskuloskeletal merupakan salah satu kondisi kesehatan yang sering terjadi akibat pekerjaan. Musculoskeletal Disorders (MSDs) dapat disebabkan oleh bermacam faktor yaitu faktor individu meliputi umur, ukuran tubuh, kebiasaan merokok dan kesegaran jasmani. Aspek ergonomi menjadi penting dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh guna menilai keseuaian desain sistem kerja yang ada, baik dari pekerjaan dan pekerjanya. Seperti dilakukannya identifikasi risiko keluhan otot untuk mengurangi risiko MSDs dan kelelahan sebagai human error penyebab kecelakaan lalu lintas. Pengemudi bus pariwisata yang berjumlah 14 orang di PT Sahabat Prima Abadi, rata-rata bertugas 9-10 jam per hari dengan durasi istirahat yang tak tentu. Hal ini menyebabkan adanya keluhan otot yang dirasakan pengemudi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui tingkat risiko keluhan otot pada pengemudi bus dengan metode HARM (Hand And Arm Risk Method), melihat hubungan antara faktor individu (umur, ukuran tubuh, kebiasaan merokok dan kesegaran jasmani) dengan gangguan musculoskeletal disorder dan memberikan rekomendasi perbaikan yang sesuai. Didapatkan hasil skor penilaian metode HARM sebesar 73,5, mengindikasikan tingkat risiko keluhan otot yang tinggi pada leher, lengan dan bahu dan membutuhkan tindakan perbaikan segera. Uji spearman menunjukkan adanya hubungan signifikan dan korelasi kuat antara faktor individu (p<0,05) yaitu umur, kebiasaan merokok dan kesegaran jasmani dengan keluhan otot. Sedangkan faktor individu ukuran tubuh mempunyai korelasi yang lemah dan tidak signifikan (p>0,05  . Rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan dengan cara rekayasa teknik dan rekayasa manajemen.

Full Text:

PDF

References


NIOSH. Musculoskeletal Disorders and Workplace Factors: A Critical Review of Epidemiologic Evidence For Work Related Musculoskeletal Disorders., S.L.: NIOSH: Centers For Disease Control And Prevention. 1997.

Briggs, A. M., Anthony, W. D., Dreinhofer, K. & Homb , N. Reducing The Global Burden Of Musculoskeletal Conditions. Bull World Health Organization, 2018; 96(5) : 366-368.

Fuller K. Imanaging work-related stress and MSDs: a regulators approach Occupational Health lead. Intergasional Labour Organization. 2017.

DPR RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta: S.N., P. 50. 2009.

Douwes M, De Kraker H. Harm Overview And Its Application: Some Practical Examples. Work. 2012;41 Suppl 1:4004-9.

Hutabarat, Y. Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi. Malang: Media Nusa Kreatif. 2017

Tarwaka, S. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Produktivitas. Surakarta: Uniba Press. 2015.

Rika, A. K. M. & Dwiyanti, R. Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh Dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders (Studi Kasus Pada Pekerja Operator Container Crane Pt. X Surabaya). 2022; 365-370.

Hanif, A. Hubungan Antara Umur Dan Kebiasaan Merokok Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (Msds) Pada Pekerja Angkat Angkut Ud Maju Makmur Kota Surabaya. 2020; 4(1): 7-15.

Hutabarat, Y. Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi. Malang: Media Nusa Kreatif. 2017.

Hutabarat, Y. Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi. Malang: Media Nusa Kreatif. 2017.

Gusfi, Y. P. Analisis Keluhan Otot Dengan Metode Nordic Body Map Dan Hand And Arm Risk Assessment Method Di Industri Kriya Rotan. Thesis. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2021.

I Putu, G., Pebruanto, H., Wiatma, D. S. & Syahbani, A. H. Hubungan Usia, Masa Kerja, dan Durasi Kerja Dengan Musculoskeletal Disorder (MSDs) Pada Sopir Bus Damri Mataram Tahun 2020. 2022; 343-357.

Prastuti, N. T. & Martiana, T. Analisis Karakteristik Individu Dengan Keluhan Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Taksi Di Rungkut Surabaya. 2017; 11: 64-74.

Dian Mardi Safitri, dkk. Redesign of Transjakarta Bus Driver's Cabin. 2016; 114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id