Pengelompokan Data Loyalitas Pelanggan Model RFM pada Produk Ms Glow Dan Scarlett dengan Algoritma Fuzzy C-Means

Mustakim Mustakim, Umairah Rizkya Gurning, Andani Putri Pristiawati, Aulia Dina, Putri Nabillah

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman, keperdulian masyarakat terhadap kecantikan semakin meningkat. Berdasarkan hal tersebut banyak perusahaan-perusahaan kosmetik baru bermunculan bahkan menguasai pangsa pasar seperti di Indonesia. Dua brand local yang telah menguasai pangsa pasar di Indonesia antara lain Scarlett dan MS Glow. Kedua brand ini mampu bersaing dengan brand-brand luar dan menguasai pasar Indonesia pada hampir semua kalangan mulai dari remaja, dewasa bahkan pria. Kedua brand ini memiliki teknik pemasaran yang sama yaitu dengan menyebar reseller ke seluruh Indonesia yang mana salah satunya pada provinsi Riau. Banyaknya reseller baru menyebabkan reseller-reseller tersebut belum mengetahuai bagaimana prilaku pelanggan dengan bantuan CRM analytical ini dapat membantu reseller menganalisis prilaku pelanggan berdasarkan recency, frequency dan monetary dari pelanggan tersebut. Penelitian ini juga memiliki tujuan sebagai model klasterisasi pelanggan khususnya pada metode RFM. Pada penelitian ini membagi pelanggan menjadi 3 cluster dengan cluster 2 merupakan klaster terbaik dibuktikan dengan nilai DBI yang diperoleh cluster ini merupakan yang terendah yaitu 0,61 dengan jumlah anggota 16 pelanggan dan hal ini juga merupakan jumlah anggota terbanyak daripada cluster lainnya.


Full Text:

PDF

References


N. P. Anggraini And S. Suryoko, “Pengaruh Labelisasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepusan Pelanggan (Studi Pada Konsumen Kosmetik Sariayu Di Kota Semarang),” J. Ilmu Adm. Bisnis, Vol. 7, No. 3, Pp. 359–369, 2018.

F. Hambalah, “Strategi Pemasaran Inovatif Perusahaan Kosmetik Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia,” J. Anal. Bisnis, Ekon. Sos. Dan.., Vol. 1, No. 2, Pp. 189–198, 2021

A. Rohman And Y. S. Maryati, “Keberhasilan Bisnis Online Pada Mahasiswa,” J. Manaj. Bisnis Islam, Vol. 2, No. 2, Pp. 113–126, 2021.

E. Oktaviani, A. S. Manggabarani, And D. C. Pangestuti, “Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Kosmetik Emina,” J. Sustain. Community Dev., Vol. 3, No. 2, Pp. 131–141, 2021.

M. F. Astuti And A. Mulyawan, “Dampak Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan Kosmetik,” J. Islam. Econ. Bus., Vol. 1, No. 2, 2021.

I. A. Pangestu, G. T. Mardiani “Sistem Informasi Rekomendasi Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di CV. XYZ” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, Vol. 10, No. 2, 2021.

H. Hairani, D. Susilowati, I. Puji Lestari, K. Marzuki, And L. Z. A. Mardedi, “Segmentasi Lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Rfm Dan K-Means Clustering,” Matrik J. Manajemen, Tek. Inform. Dan Rekayasa Komput., Vol. 21, No. 2, Pp. 275–282, 2022.

S. Monalisa, A. H. Asrori, And F. Kurnia, “Sistem Rekomendasi Produk Menggunakan Model Rfm, Ahp Dan Ranked Clustering,” J. Resti (Rekayasa Sist. Dan Teknol. Informasi), Vol. 3, No. 2, Pp. 100–105, 2019.

Sudriyanto, “Clustering Loyalitas Pelanggan Dengan Metode Rfm (Recency, Frequency, Monetary ) Dan Fuzzy C-Means,” Prosiding SNATIF, 2017, Pp. 815-822.

P. N. Lhokseumawe, K. Pengantar, Rahayu Deny Danar Dan Alvi Furwanti Alwie, A. B. Prasetio, And R. Andespa, “Tugas Akhir Tugas Akhir,” J. Ekon. Vol. 18, Nomor 1 Maret201, Vol. 2, No. 1, Pp. 41–49, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id