Optimalisasi Jumlah Fasilitas Pelayanan Provider dengan Menggunakan Metoda Multi Channel – Single Phase dan Simulasi Antrian

Vera Devani, Sri Nurlinda Sari, Afif Naufal Luthfi

Abstract


Antrian merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam proses pelayanan. Masalah yang timbul adalah bagaimana mengusahakan keseimbangan antara proses pelayanan dengan banyaknya orang yang mengantri untuk mencapai standar yang ditetapkan oleh perusahaan yaitu 15 menit/orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan waktu menunggu dalam antrian, waktu menunggu dalam sistem, panjang antrian, panjang antrian dalam sistem, probabilitas tidak ada pelanggan yang mengantri dalam sistem dan usulan jumlah customer service yang optimal serta membandingkan utilitas pelayanan sebelum dan sesudah penambahan customer service. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh waktu menunggu dalam antrian dan dalam sistem 0 detik. Panjang antrian 0 dan panjang antrian dalam sistem 0,17 atau 1 pelanggan dan probabilitas tidak ada pelanggan yang mengantri dalam sistem 0,85. Usulan jumlah customer service untuk mengurangi jumlah pelanggan yang mengantri adalah 7 customer service (menambah 2 customer service). Dengan penambahan 2 customer service terjadi penurunan utilitas sebesar 0,083 (8,90%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id