Optimasi Produksi Crumb Rubber dengan Menggunakan Metode Branch And Bound

Vera Devani, Novita Andriani Sembiring, Misbahul Wadhiah

Abstract


perusahaan yang bergerak dibidang perindustrian pengolahan bahan baku karet yang berasal dari kebun perusahaan dan petani karet. Perusahaan memproduksi produk crumb rubber SIR 10 dan crumb rubber SIR 20. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan jenis produk yang akan diproduksi, menentukan keuntungan dari produksi optimal crumb rubber dan menentukan batas nilai sensitivitas terhadap solusi optimum yang dicapai. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah Metode Branch and Bound. Metode Branch and Bound adalah sebuah metode untuk menghasilkan penyelesaian optimal program linier yang menghasilkan variabel-variabel keputusan bilangan bulat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan perusahaan dapat memperoleh keuntungan optimum dalam dalam satu kali produksi sebesar Rp. 48.542.120 dan perusahaan mampu memproduksi produk crumb rubber SIR 10 satu kali produksi dalam satu hari

Full Text:

PDF

References


Jurnal:

Azzahrha, F. K., Sari, R. P., & Fauzi, M. D. R. (2021). Optimalisasi Produksi Tahu Menggunakan Metode Branch and Bound dan Cutting Plane. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 6(2), 175-184.

Basriati, S. (2018). Integer Linear Programming Dengan Pendekatan Metode Cutting Plane Dan Branch And Bound Untuk Optimasi Produksi Tahu. Jurnal Sains Matematika dan Statistika, 4(2), 95-104.

Purba, S. D., & Ahyaningsih, F. (2020). Integer Programming Dengan Metode Branch and Bound Dalam Optimasi Jumlah Produksi Setiap Jenis Roti Pada PT. Arma Anugerah Abadi. Jurnal Karismatika, 6(03), 20-29.

Rafflesia, Ulfasari., Widodo, F.H. Pemograman Linier. Bengkulu: Badan Penerbitan Fakultas Pertanian UNIB, 2014.

Sari, G. M., & Heryanto, R. M. (2020). Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Model Integer Linear Programming dengan Metode Branch and Bound. Go-Integratif: Jurnal Teknik Sistem Dan Industri, 1(01), 69-79.

Zuserain, A., Winarno, W., Nugraha, B., & Momon, A. (2021). Analisa optimalisasi keuntungan dengan integer linear programming dan metode branch and bound pada toko bunga QuinnaStory. Journal Industrial Servicess, 6(2), 99-104.

Buku:

Siswanto, 2007. Operations Research Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Syaifuddin, D.T. Riset operasi. Malang: Citra malang, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id