Implementasi User Centered Design untuk Rancang Sistem Sales Force Automation UMKM Dapur Amy

Indah Lestari, Ridho Ananda Saputra

Abstract


Sebagai bentuk usaha yang berperan penting dalam perekonomian nasional, UMKM memiliki beberapa kelemahan salah satunya kurangnya keterampilan mengorganisir operasional. Hal ini dapat disolusikan dengan menggunakan teknologi yang mengimplementasikan konsep Sales Force Automation (SFA) yang merupakan bagian dari perspektif operasional Customer Relationship Management (CRM). Pada penelitian ini dirancang tampilan sistem berbasis web untuk UMKM Dapur Amy yang fungsionalitas sistemnya menerapkan konsep SFA CRM. Untuk perancangan tampilan digunakan metodologi User Centered Design (UCD) dengan tujuan menghasilkan tampilan sistem yang memiliki tingkat kegunaan yang tinggi. Dari penelitian ini dihasilkan untuk UMKM tersebut dibutuhkan 8 fungsional untuk dua level akses yaitu pemilik dan karyawan. Fungsional ini juga sudah menerapkan 5 konsep operasional SFA CRM, meliputi manajemen kontak, ensiklopedi produk, manajemen laporan, masukan dan laporan penjualan. Kebutuhan fungsional kemudian dituangkan ke dalam 17 perancangan tampilan sistem. Hasil ini diuji dengan teknik single ease question kepada pemilik dan karyawan dan lolos dalam 1 siklus untuk memperoleh nilai 7. Hal ini menunjukkan bahwa tampilan dan fitur yang ada sudah sesuai dengan keinginan pengguna dan memberikan kesan menarik, penjabaran dari sistem yang tersedia sudah lengkap diberikan, dan memberikan rincian detail terhadap operasional penjualan dari UMKM. Fungsional dan tampilan yang dihasilkan dapat digunakan untuk implementasi pengembangan sistem di tahapan selanjutnya dan menjadi rujukan fitur sistem penjualan di UMKM sejenis.


Full Text:

PDF PDF

References


S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, 2019.

Y. R. Suci, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia,” Cano Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 1–31, 2017.

H. K. K. dan UKM, “Targetkan Data Lengkap 14,5 Juta KUMKM, KemenKopUKM Ajak Seluruh Stakeholder Dukung Pendataan 2022 Sebagai Dasar Basis Data Tunggal KUMKM,” KEMENKOPUKM, 2022. .

D. G. S. Mangku, N. P. R. Yuliartini, and Hartana, “Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng,” J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha, vol. 10, no. 3, pp. 1–24, 2022.

N. M. A. Anggraeni Charismanur Wilfarda, Wulan Puspita Ningtiyas, “Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi,” J. Gov. Polit., vol. 3, no. 1, pp. 47–65, 2021.

F. Buttle and S. Maklan, Customer Relationship Management Concepts and Technologies, Third. Devon, UK, 2015.

R. Nugraha, N. Safriadi, and D. Prawira, “Rancang Bangun Sistem Crm (Customer Relationship Management) Berbasis Web Dengan Pola Mvc,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 70–85, 2022.

M. Kumar and E. Rashid, “An Efficient Software Development Life cycle Model for Developing Software Project,” Int. J. Educ. Manag. Eng., vol. 8, no. 6, pp. 59–68, 2018.

S. L. Henry and M. Martinson, “Notes on User Centered Design Process,” Web Accessability Initiative, 2003. [Online]. Available: https://www.w3.org/WAI/EO/2003/ucd.

Y. P. Aldi and M. I. Wahyuddin, “Sistem Informasi Penjualan Makanan Menggunakan Metode User Centered Design Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, pp. 786–793, 2022.

R. Ardiyansyah and M. I. Wahyuddin, “Sistem Informasi Penjualan Daging Menerapkan Model User Centered Design Berbasis Web,” vol. 6, no. April, pp. 760–767, 2022.

M. Lestari and M. H. K.saputra, “Sistem Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Dengan Implementasi Crm (Customer Relationship Manajement) Kantor Pos Kotabumi Menggunakan Metode Ucd (User-Centered Design),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 103–109, 2022.

W. F. Pattipeilohy and S. Sanwani, “Prototipe Sistem Crm Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode User Centered Design Dengan Codeigniter Framework,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 111–118, 2019.

R. I. Rokhmawati, Y. B. Evantio, and M. C. Saputra, “Penerapan Pendekatan Human Centered Design dan CRM dalam Perancangan Antarmuka Sistem E-Complaint,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 4, p. 436, 2019.

K. Yang, “Redesigning an online store user interface: a user-centered design approach,” J. Adv. Mark. Educ., vol. 27, no. 2 Special Issue, pp. 22–26, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id