Analisa Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Kargo dengan Pendekatan Model Delone and Mclean

Wuri Ratu Amnan, Syaifullah Syaifullah, Nesdi Evrilyan Rozanda, Eki Saputra, Zarnelly Zarnelly, Megawati Megawati, Tengku Khairil Ahsyar

Abstract


Sistem Informasi Kargo (SIGO) merupakan sistem yang telah disiapkan oleh pihak pusat PT. Angkasa Pura II pada tahun 2016 saat PT. Angkasa Pura Kargo berdiri sendiri menjadi anak perusahan. SIGO adalah Sistem Informasi utama yang digunakan pihak PT. Angkasa Pura Kargo dalam  mengelola proses bisnis pengiriman barang dan jasa. PT. Angkasa Kargo melakukan pengumpulan, pengeloan data masuk (Incoming) , keluar (Outgoing) barang dan pengelolaan keuangan (Kasir). Dalam penerapannya sejak 2016 Sistem Informasi Kargo (SIGO) memilki beberapa masalah atau kendala seperti masalah \textit{maintenace} sistem, kesalahan pengiriman barang, terlambatnya barang dan tertukarnya barang. Peneltian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesuksesan Sistem Informasi Kargo (SIGO) dengan pendekatan model Delone and Mclean. Pengolahan data kuisioner menggunakan SEM PLS untuk menetukan uji reliabilitas dan dan uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dengan nilai 3,347 berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, kemudia kualitas sistem dengan nilai 2,189 yang juga berpengaruh positif pada kepuasan pengguna. Sehingga didapatkan hasil bahwa penerapan sistem informasi kargo (SIGO) dapat dikatakan berhasil atau sukses dengan 2 hipotesis diterima dan 1hipotesis ditolak.

References


Abdul, K. (2014). Pengenalan sistem informasi edisi revisi. Andi Offest, Yogyakarta.

Apriansyah, R. F., Ashariah, R. S., Fithria, L., Yoga, A., Elfrina, E., Kurniawan, A., dan Istoni, R. (2019). Perancangan sistem informasi kargo pada miniatur sistem sortir kargo bandar udara berbasis website. Dalam Seminar nasional teknik elektro (Vol. 4, hal. 206–211).

Admaja, A. F. S. (2014). Analisis kesuksesan sistem informasi manajemen sumber daya dan perangkat pos dan informatika (sims). Buletin Pos dan Telekomu- nikasi, 12(2), 109–118.

Jogiyanto, H. (2007). Model kesuksesan sistem teknologi informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yuliana, A., dkk. (2016). Analisis kesuksesan sistem informasi perhotelan dengan pendekatan model delone dan mclane (studi pada karyawan hotel aria gajayana malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 34(1), 73–7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id