Music Information Retrieval Menggunakan k-NN dan Cosine Similarity

Salam Kurniawan, Surya Agustian

Abstract


Berbagai macam jenis, genre dan ukuran musik/lagu dapat ditemukan di jaringan internet pada saat ini, untuk dimainkan dengan komputer dan gadget. Namun, untuk mengetahui informasi tentang musik seperti judul lagu dan pencipta dari potongan musik yang dimainkan, menjadi masalah tersendiri apabila kita tidak mengetahuinya. Penelitian ini mengusulkan sebuah sistem pencarian informasi musik (music information retrieval) yang dapat mengenali fiturnya dari input kueri berupa potongan musik yang singkat. Fitur musik diekstraksi menggunakan Echonest API. Proses retrieval berdasarkan similarity fitur menggunakan metode kNNCS (K-Nearest Neighbour dan Cosine Similarity). Eksperimen dilakukan dengan pengaturan kombinasi beberapa parameter untuk mencari model terbaik. Hasilnya diterapkan pada data pengujian berupa potongan musik, menghasilkan performa berdasarkan akurasi, precision, dan recall dengan nilai masing-masing 0.6778, 0.9661, dan 0.6785. Dari segi akurasi, sistem ini telah menghasilkan nilai yang sangat baik, Namun dari segi recall, masih harus ditingkatkan agar kandidat musik yang tepat dapat berada pada peringkat teratas.


Full Text:

PDF

References


Anan,Yoko., Hatano, Kohei., Bannai, Hideo., dan Takeda, Masayuki (2011). Music Genre Classification Using Similarity Functions. ISMIR 2011. Department of Informatics: Kyushu University. 2011.

Pramudita, Krisnaldi Eka., Khodra, Masayu Leylia., dan Santoso, Oerip S. (2012) Klasifikasi Genre Musik Digital Simbolik Dengan Support Vektor Mechine. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika: Institut Teknologi Bandung. 2012.

Ridoean, Johanes Andre (2017) Rancang Bangun Aplikasi Musicmoo Dengan Metode MIR (Music Information Retrieval) Pada Modul Mood, Genre Recognition, Dan Tempo Estimation. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Rodrigo Castellon and Chris Donahue and Percy Liang (2021), Codified audio language modeling learns useful representations for music information retrieval, In arXive: 2107.05677

Szymon Janusz Szczepański dan Michał Stanisław Szyca (2014), Music Information Retrieval: A case study of MIR in modern rock and metal music, Master thesis of Blekinge Institute of Technology, Sweden.

Jehan, Tristan. The Echonest Analyze Documentation. [online] Available http://developer.echonest.com/docs/v4/_static/AnalyzeDocumentation.pdf, 2010.

Jehan, Tristan. Creating Music by Listening. M.S. Media Arts and Sciences: Massachusetts Institute Of Technology. 2005.

Astawa, I Gede Suta Lascarya., Muliantara, Agus., dan Dewi, Kadek Cahya. Identifikasi Lagu Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbour – Cosine Similarity (KNNCS). PSNTI 2012. Program Studi Teknik Informatika: Universitas Udayana. 2012.

Florentine, Mary., Popper, Arthur N., and Fay ,Richard R. Loudness (pp.1-12). ISBN: 978-1-4419-6711-4. Springer. London, UK : New York Dordrecht Heidelberg. 2010.

Batista, Gustavo E. A. P. A., and Monard, Maria Carolina. A Study of K-Nearest Neighbour as an Imputation Method. Brazil: University of Sao Paulo. 2011.

Manning, D. Christopher., Raghavan, Prabhakar., and Schutze, Hinrich. Introduction to Information Retrieval. ISBN-13 978-0-511-41405-3. Cambridge, UK : Cambridge University Press. 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id