MODEL PEMASARAN BATIK BERBASIS DIGITAL MARKETING ERA NEW NORMAL COVID 19 (RAFIDA BATIK SENTRA INDUSTRI PILANG MASARAN SRAGEN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (a) merumuskan model pemasaran berbasis digital marketing terhadap peningkatan penjualan, (b) menganalisis peningkatan volume penjualan berbasis digital marketing di Rafida Batik, Sentra Industri Batik Pilang Masaran Sragen. Manfaat penelitian: (a) dihasilkan rumusan model pemasaran berbasis digital marketing goodness of fit, (b) diketahui trend penjualan batik. Metode penelitian menggunakan mix method, kualitatif dengan cara mengumpulkan sejumlah informasi dalam penyelesaian masalah yang dihadapi Rafida Batik di era new normal covid 19 dan kuantitatif menganalisis model pemasaran berbasis digital marketing. Perumusan model pemasaran, meliputi: (1) pembuatan web,(2) tik tok, (3) istagram, (4) sistem keuangan, (5) billboard, (6) facebook, (7) katalog produk, dihasilkan penjualan mengalami peningkatan. Metode pendampingan dilakukan dengan partisipatif interaktif, konsep learning by doing. Hasil pendampingan model marketing berbasis digital, dihasilkan: (1) rumusan model pemasaran berbasis digital yang goodness of fit model, layak menjadi model pemasaran yang baik, (2) trend penjualan melalui digital marketing mengalami kenaikan. Dengan demikian, model pemasaran berbasis digital marketing mampu meningkatkan penjualan bagi UKM Rafida Batik di masa era new normal covid 19.
Full Text:
PDFReferences
Pratiwi, A.,A. L. Riani, M. Harisudin, and S. R. H. Pinta,.2020. “Marketing Model For Creative Industry Batik Market Oriented In The Industria era 4.0). ISSN 04532198,” Technol. Reports Kansay Univ., Japan.
Pratiwi,A., A. L. Riani, M. Harisudin, S. Rum, and H. Pinta,.2020. “The Development of Market Oriented Batik Product Based on Costumer Buying Intention (Industrial Center of Batik Sragen Indonesia),” Int. J. Manag., vol. 11, no. 3, pp. 373–389.
Kemenperindag. 2018. Laporan Pertanggungjawaban Kemenperindag. Industri Kreatif. Sragen.
Pratiwi, A., A. L. Riani, M. Harisudin, and S. R. H. Pinta,.2017. “Empowerment of Entrepreneur Batik in Masaran Sragen,” J. Sci. Eng. Reseacrh, vol. 03, no. 06, pp. 189–194.
Erdİl,.T.S.2015. “Effects of customer brand perceptions on store image and purchase intention : An application in apparel clothing,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 207, pp. 196–205, doi: 10.1016/j.sbspro.2015.10.08
Suranto, Nurgiyatna, Etika.M.,2021. Peningkatan Tata Kelola Usaha Batik di Sentra Industri Batik Pilang Masaran Sragen. Laporan HIT. Penelitian Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Silaningsih. E. and P. Utami, “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan,” J. Sos. Hum., vol. 9, no. 2, p. 144, 2018, doi: 10.30997/jsh.v9i2.1382.
Pater. L.R and S. L. Cristea, “A Systemic Characterization of Organizational Marketing,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 238, pp. 414–423, 2018, doi: 10.1016/j.sbspro.2018.04.019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id