Aplikasi Model ARIMA dalam Memprediksi Jumlah Pasien Penderita Gangguan Jiwa Rawat Inap di RS Jiwa Tampan Pekanbaru

Ari Pani Desvina, YULIAWATI YULIAWATI, Rahmadeni Rahmadeni

Abstract


Dalam memprediksi data pada waktu yang akan datang banyak metode atau pendekatan dalam bidang statistika yang dapat digunakan, seperti metode time series atau metode regresi. Pada penelitian ini, akan dilakukan prediksi untuk jumlah pasien penderita gangguan jiwa rawat inap di RS Jiwa Tampan Pekanbaru, dengan harapan bahwa hasil prediksi ini dapat memberikan gambaran  kepada Pemerintah tentang jumlah pasien penderita gangguan jiwa rawat inap di RS Jiwa Tampan Pekanbaru agar dapat meningkatkan pelayanan fasilitas RS Jiwa Tampan tersebut. Metode yang digunakan untuk prediksi ini adalah metode Box-Jenkins dengan empat tahapan yaitu, identifikasi model, estimasi parameter, verifikasi model dan peramalan.Data yang digunakan adalah data pada periode Januari 2014 sampai dengan Desember 2018. Hasil pembahasan dengan metode Box-Jenkins menunjukkan bahwa model yang sesuai untuk data jumlah pasien penderita gangguan jiwa rawat inap di RS Jiwa Tampan Pekanbaru  adalah model ARIMA (0,1,1). Hasil prediksi dengan model ARIMA (0,1,1) menunjukkan terjadi  peningkatan dari tahun sebelumnya, dengan nilai MAPE sebesar 1.79%.

Full Text:

PDF

References


Bierens, H.J. Information Criteria and Model Selection. Pennsylvania State University, Pennsylvania. 2006.

Bowerman, B.L., O’Connell, R.T. & Koehler, A.B. Forecasting, Time Series, Regression An applied approach, 4th ed. Thomson Brooks/cole, Belmont, CA. 2005.

Cryer, J.D. & Kung, S.C. Time Series Analysis with Applications in R. Springer Dordrecht Heidelberg London, New York. 2008.

Desvina, A.P. “Analisis Time Series Particulate Matter (PM10) di Lembah Kelang (Stasiun Pemantau Kuala Lumpur, Shah Alam, Petaling Jaya dan Kajang”. Pekanbaru. 2014.

Maddala, G.S. Introduction to Econometrics. Edisi ke-2. New York: Macmillan Publishing Company. 1992.

Maramis, W.F. “Ilmu Kedokteran Jiwa”. Surabaya: Universitas Airlangga. 2004.

Montgomery, D.C., Jennings, C.L., and Kulachi, M. “Introduction to Time Series Analysis and Forecasting”. Canada: John Wiley and Sons, Inc. 2008.

Nugroho, Riant. “Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi”. 2003.

Vandaele, W. Applield Time Series and Box-Jenkins Models. Academic Press, Inc, New York. 1993.

Wei, W.W.S. “Time Series Analysis Univariate and Multivariate Method”. Edisi Kedua. Addison-Wesley Publishing Company, Inc. California. 2005.

Yosep, I. “Keperawatan Jiwa”. Ed.Revisi. Cet. Ke-3 Bandung: PT. Revika Aditama. 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id