STRATEGI PEMASARAN SONGKET MENGGUNAKAN METODE BENCHMARKING DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Abstract
Galeri Songket XYZ merupakan salah satu toko yang menjual songket asli buatan tangan pengrajin songket dari Nagari Pandai Sikek . Tidak adanya strategi pemasaran yang tepat membuat jumlah penjualan pada Galeri XYZ mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada Galeri XYZ. Hal pertama yang dilakukan yaitu membandingkan bagaimana strategi pemasaran Galeri XYZ dengan dua galeri pesaing yaitu Galeri ABC dan Galeri DEF. Perbandingan strategi pemasaran dilihat dari bauran pemasaran 4P yaitu product, price, promotion dan place dan didapatlah keunggulan dari masing-masing galeri yang kemudian dijadikan sebagai acuan untuk menghasilkan beberapa strategi pemasaran baru yang akan diterapkan pada Galeri XYZ. Metode AHP pada penelitian ini digunakan untuk memilih strategi pemasaran terpilih dan yang akan diterapkan pada Galeri XYZi. Hasil penelitian menunjukkan dari 12 strategi usulan maka strategi yang terpilih yaitu membuat akun facebook yang terhubung ke instragram untuk memasarkan produk yang dijual pada Galeri XYZ.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id