Rancang Bangun Sistem Informasi Pengaduan Layanan Teknis Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Fuad Fawadhil, Siti Ramadhani

Abstract


Pelayanan adalah suatu usaha untuk membantu menyiapkan atau mengurus apa yang diperlukan orang lain melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan sesuai dengan tanggung jawab dan fungsi dalam sistem informasi. UPT TIK UR (Unit Pelaksanaan Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Riau) merupakan tempat pengelolaan data yang berkaitan dengan Universitas Riau termasuk fasilitas dan pelayanan didalamnya. Namun, di UPT TIK UR belum tersedianya sistem pelayanan yang bisa menampung semua aduan warga universitas. Maka, dibangunlah sebuah sistem informasi yang dapat membantu mengorganisir semua keluhan mengenai fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh universitas. Sistem pengaduan ini merupakan sebuah sistem berbasis web yang berguna untuk membantu warga universitas dalam mengajukan pengaduan kepada pihak kampus dan sistem dapat berjalan sesuai dengan pengujian black box dan pengujian dengan menggunakan metode User Accaptance Test (UAT) dengan presentase sebanyak 92%.

Full Text:

PDF

References


M. Ridwan, Muhammad and S. Ramadhani, “Rancangan Sistem Informasi Manajemen Aset di PT . Sentral Tukang Indonesia,” J. CoreIT, vol. 3, no. 2, pp. 47–53, 2017.

Kasmir, Etika Cusmtomer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

D. Azzahra and S. Ramadhani, “Pengembangan Aplikasi Online Public Access Catalog (OPAC) Berbasis Web Pada STAI Auliaurrasyiddin Tembilanan,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 152–160, 2020.

N. Ikhsan and S. Ramadhani, “Sistem Informasi Administrasi Surat Menyurat Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Riau,” J. Teknol. Dan Inf. Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 141–151, 2020.

R. A. Atmala and S. Ramadhani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Surat Menyurat di Kementrian Agama Kabupaten Kampar,” J. Intra Tech, vol. 11, no. 2, pp. 56–62, 2018.

B. Arismanto and S. Rahmadhani, “Pengembangan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru pada STIES Imam Asy Syafii Pekanbaru,” J. Intra-Tech, vol. 3, no. 1, pp. 57–72, 2019.

Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, vol. 53, no. 9. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

R. Nazwita, Siti, “Analisis Sistem Keamanan Web Server Dan Database Server Menggunakan Suricata,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9, 2017, pp. 308–317.

R. Siti, “Sistem Pencegahan Plagiarisme Tugas Akhir Menggunakan Algoritma Rabin-Karp (Studi Kasus: Sekolah Tinggi Teknik Payakumbuh),” J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 6, no. 1, pp. 44–52, 2015.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua Edisi 13. Jakarta: Prenhallindo, 2013.

Suparlan, Asas Manajemen. Jakarta, 2000.

Moenir, “The management of conflict: interpretations and interests in comparative perspective,” Choice Rev. Online, vol. 31, no. 06, pp. 31-3449-31–3449, 1994.

G. Nalendro, SISTEM INFORMASI PENGADUAN LAYANAN UNIVERSITAS. Unversitas Islam Indonesia, 2019.

Al-Fatah and Hanif, Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan & organisasi modern. Yogyakarta: Andi, 2007.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis,” Penguji. Apl. Menggunakan Black Box Test. Bound. Value Anal. (Studi Kasus Apl. Prediksi Kelulusan SNMPTN), vol. I, no. 3, p. 34, 2015.

Perry and W. E, “Effective Methods for Software Testing 3rd Edition.,” 2006.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), vol. 2, no. 1. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id