Indexing metadata

Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Profil Kesulitan Belajar Matematika dan Self efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah di Riau
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Zubaidah Amir MZ; Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Ramon Muhandaz; Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau; Indonesia
 
3. Subject Discipline(s) Mathematics of Education
 
3. Subject Keyword(s) Kesulitan Belajar Matematika, pemahaman konsep matematis, self-efficacy
 
4. Description Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan belajar matematika dan self efficacy (SE) matematis siswa sekolah menengah di Riau. Kesulitan belajar dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran (mixed methods). Lokasi penelitian adalah SMP/MTs di Riau yang diwakili oleh siswa di kota Pekanbaru dan Kampar  yang melibatkan masing masing dua SMP dan dua MTs. Objek kajian dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy matematis siswa. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui  pemberian angket SE, tes pemahaman konsep matematis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa self efficacy dan kemampuan pemahaman konsep siswa Pekanbaru lebih unggul dibandingkan siswa Kampar, baik pada SMP maupun pada MTs. Rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa di Pekanbaru tergolong tinggi, sedangkan sisiwa Kampar termasuk sedang. Secara umum, self efficacy siswa  masih tergolong cukup baik. Beberapa faktor yang mempengaruhi SE dan pemahan konsep adalah pembelajaran yang kejar tayang dan perhatian atau dukungan dari orang tua di rumah

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 27-11-2019
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/8254
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8254
 
11. Source Title; vol., no. (year) Suska Journal of Mathematics Education; Vol 5, No 2 (2019)
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2019 Suska Journal of Mathematics Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.